Wali Kota Madiun Maidi memberikan apresiasi kepada para tenaga kesehatan di daerah itu atas kinerjanya, utamanya dalam memberikan layanan penanganan kasus COVID-19 di wilayah setempat.

"Para nakes ini luar biasa, kerjanya berat. Mereka menyehatkan orang lain selain harus menjaga kesehatannya sendiri. Dalam rangka Hari Kesehatan Nasional (HKN) ini mereka kita beri penghargaan sehingga menambah semangat dalam kerja ke depan, terlebih COVID-19 belum selesai dan mereka turut menghadang penularan COVID-19," ujar dia saat peringatan HKN di Taman Wisata dan Edukasi Ngrowo Bening Madiun, Jawa Timur, Jumat.

Ia menilai para nakes berjuang di garda terdepan dalam penanganan COVID-19.

Selain menjaga dirinya dari penularan virus corona baru itu, katanya, mereka juga menjaga sekaligus merawat orang lain.

Wujud penghargaan kepada para nakes, di antaranya menambah insentif yang diharapkan tidak terlambat pencairannya.

Meski saat ini kondisi rumah sakit rujukan maupun tempat isolasi terpusat (isoter) sedang kosong, para nakes diminta tetap terjun ke lapangan.

"Salah satunya untuk melakukan 'rapid test' atau tes cepat antigen massal hingga layanan 'jemput bola' melaksanakan vaksinasi COVID-19 bagi masyarakat," kata Maidi.

Kepala Dinas Kesehatan, Pengendalian Penduduk, dan Keluarga Berencana (Dinkes-PPKB) Kota Madiun dr Denik Wuryani mengatakan peringatan HKN 2021 yang bertema "Sehat Negeriku, Tumbuh Indonesia" menjadi semangat bagi Dinkes-PPKB setempat untuk memberikan pelayanan yang lebih baik.

"Dengan HKN ini harapannya kasus COVID-19 di Kota Madiun terkendali, ekonomi bisa meningkat, dan program-program kesehatan dinas kami mulai jalan," kata dia.

Ia mengakui beberapa program yang tertinggal pelaksanaannya selama masa pandemi sehingga harus dikejar untuk direalisasikan.

Untuk vaksinasi, pihaknya menyatakan terus dilakukan guna mewujudkan kekebalan kelompok dan mencegah COVID-19, utamanya vaksin dosis kedua.

Selain tenaga kesehatan, dalam rangka memperingati HKN 2021, Pemkot Madiun juga memberikan penghargaan kepada pejuang COVID-19, di antaranya penghargaan untuk posko penanggulangan COVID-19 terbaik, modin penanggulangan COVID-19 terbaik, petugas pemakaman penanggulangan COVID-19 terbaik, dan penghargaan untuk duta Genre Kota Madiun.

Pewarta: Louis Rika Stevani

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2021