Berjalannya UHC di Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur, banyak mendapatkan dukungan dari fasilitas kesehatan provider BPJS Kesehatan, salah satunya dari RS Citra Medika Sidoarjo.

Kepala Bidang Pelayanan Medis RS Citra Medika Sidoarjo Wulang Daudi Wiryo menyampaikan bahwa manajemen RS Citra Medika Sidoarjo siap dan berkomitmen mendukung Pemerintah Kabupaten Sidoarjo dalam memberikan jaminan pelayanan kesehatan bagi seluruh masyarakat Sidoarjo. 

“Salah satu program yang sangat baik menurut saya. Dengan adanya UHC Kabupaten Sidoarjo yang mengcover secara menyeluruh untuk warga Sidoarjo, secara pelayanan kami tenang karena otomatis yang bersangkutan telah memiliki penjaminan yang jelas dan dapat terlayani sesuai dengan indikasi medis yang dibutuhkan,” terang Wulang

Lebih lanjut Wulang menyampaikan, terkadang masih ditemui di IGD rumah sakit pasien atau keluarga pasien yang meragu untuk mendapatkan perawatan. Berbagai macam pertimbangan, salah satunya adalah pertimbangan biaya yang harus disiapkan jika pasien harus di rawat inap atau mendapatkan tindakan lebih lanjut untuk perawatan kesehatannya.

“Tapi kalau masyarakat yang ber KTP Kabupaten Sidoarjo saya rasa sudah tidak perlu khawatir masalah penjaminan. Selama mengikuti prosedur, saya pastikan tidak ada tambahan biaya. Saya rasa JKN dan UHC ini program yang cukup baik dan kami akan support terus kedepannya,” tambah Wulang.

Komitmen tersebut dibuktikan oleh RS Citra Medika Sidoarjo dengan menyediakan layanan kesehatan yang komperehensif bagi pasien yang datang. RS Citra Medika Sidoarjo membuka layanan operasional yang fleksibel dan jadwal poli spesialis mulai dari pagi sampai sore sehingga memudahkan proses rujukan  pasien.

Tidak hanya itu, RS Citra Medika Sidoarjo juga memiliki alat pemeriksaan penunjang diagnostic yang lengkap seperti CT Scan, Ekokardiografi (USG Jantung), jam operasi elektif yang terencana dan layanan IGD 24 jam.

“Kami siap melayani ke semua masyarakat Kabupaten Sidoarjo terutama Peserta JKN-KIS di sekitar rumah sakit. Bahkan kami juga melayani pasien lintas kota karena secara demografi kami berada di perbatasan kota dengan Gresik dan Mojokerto,” terang Wulang.

Ke depannya Wulang berharap sinergi dan koordinasi serta komunikasi yang baik dapat terus dijalankan oleh Pemerintah Kabupaten Sidoarjo, BPJS Kesehatan dan faskes provider BPJS Kesehatan dalam menjaga keberlangsungan Program UHC Kabupaten Sidoarjo.

Kendala-kendala yang bersifat teknis juga dapat dipecahkan bersama sehingga tidak menghambat pelayanan dan penjaminan kepada masyarakat Kabupaten Sidoarjo.

“UHC ini sangat penting karena kesehatan merupakan salah satu jaminan yang harus diberikan oleh negara. Dengan adanya jaminan kesehatan, maka akan terbentuk masyarakat yang sehat sehingga negara akan menjadi lebih baik. Ini (UHC Kabupaten Sidoarjo) yang perlu kita apresiasi bersama bahkan mungkin perlu dicontoh oleh wilayah lain,” tutup Wulang.

Pewarta: Indra Setiawan

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2021