Politeknik Penerbangan (Poltekbang) Surabaya menggelar sidang senat terbuka Yudisium XVI untuk sebanyak 342 taruna dan taruni di kampus setempat, Jumat (18/9) dengan protokol kesehatan pencegahan COVID-19 ketat.

"Para taruna dan taruni ini dinyatakan lulus berdasarkan penilaian akdemik dan non-akademik yang berlaku di Politeknik Penerbangan Surabaya. Para lulusan berhak menyandang gelar ahli madya di bidang penerbangan," kata Direktur Poltekbang Surabaya M Andra Aditiyawarman melalui keterangannya, Sabtu.

Sekretaris Direktorat Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan Nur Isnin Istiarto yang turut hadir memberikan selamat kepada taruna/taruni yang telah berhasil menyelesaikan pendidikan.

"Saya berharap agar seluruh pengetahuan, keterampilan dan sikap mental yang diperoleh selama mengikuti pendidikan dapat dijadikan bekal dalam bermasyarakat, dalam berkarya, maupun dalam melaksanakan tugas serta pengabdian bagi nusa dan bangsa dalam mencapai tujuan nasional," ujarnya.

Nur Isnin mengajak para insan perhubungan terus bergerak harmonikan Indonesia menjadi Indonesia Tangguh Indonesia Tumbuh pada momen yudisium yang bertepatan dengan Peringatan Hari Perhubungan Nasional (Harhubnas) 2021.

Sementara itu Kepala Pusat Pengembangan SDM Perhubungan Udara Kemenhub Heri Sudarmaji berharap para lulusan Poltekbang Surabaya setelah resmi menjadi perwira transportasi nanti, harus dapat mengimplementasikan ilmu telah didapat selama pendidikan untuk bekarya seluas-luasnya bagi dunia transportasi khususnya dunia penerbangan.

"Sebagaimana slogan yang yang selalu menggema di jiwa civitas akademika Politeknik Penerbangan Surabaya yaitu Be The First Class Airman, kalian harus mampu menunjukkan kepada dunia bahwa lulusan Pendidikan Tinggi Penerbangan di bawah Kementerian Perhubungan terutama lulusan Politeknik Penerbangan Surabaya adalah The First Class Airman," pesan Heri dihadapan ratusan taruna/taruni.

Lulusan Poltekbang Surabaya XVI berasal dari sejumlah program studi, yaitu Diploma III Teknik Listrik Bandara Angkatan 13; Diploma III Teknik Navigasi Udara Angkatan 11; Diploma III Lalu Lintas Udara Angkatan 11A dan 11 B; Diploma III Teknik Pesawat Udara Angkatan 4A, 4B, 4C, 4D dan 4E; Diploma III Manajemen Transportasi Udara Angkatan 4A dan 4B; Diploma III Komunikasi Penerbangan Angkatan 4A dan 4B; Diploma III Teknik Bangunan dan Landasan Angkatan 3A dan 3B.

Selanjutnya, para lulusan Poltekbang Surabaya XVI akan mengikuti Wisuda Terpadu Perwira Transportasi di Politeknik Penerbangan Indonesia (PPI) Curug pada 29 September 2021 nanti.

Mereka akan diwisuda bersama dengan seluruh lulusan sekolah/perguruan tinggi perhubungan se-Indonesia di bawah naungan Kementerian Perhubungan. Rncananya, Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan Mahfud MD akan memimpin prosesi wisuda terpadu tersebut.(*) 

Pewarta: Willy Irawan

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2021