Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia (PBVSI) Cabang Situbondo, Jawa Timur, menyiapkan satu tim putra dan satu tim putri bola voli indoor pada ajang Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Jatim 2022.

"Rencana berdasar kuota dua tim putra putri untuk bola voli indoor. Selain itu juga empat tim putra dan tiga tim putri untuk pertandingan bola voli pantai," Ketua Harian PBVSI Cabang Situbondo, Agus Widodo di Situbondo, Minggu.

Menurut dia, PBVSI setempat sudah mulai melakukan penjaringan atlet bola voli indoor maupun bola voli. Penjaringan atlet bola voli ini diikuti sekitar 50 atlet, dan untuk memilih atlet tangguh dan siap berlaga di ajang Porprov Jatim tahun depan.
Puluhan atlet bola voli latihan dan sekaligus penjaringan untuk berlaga pada Porprov Jatim 2022. Minggu (5/9/2021) (ANTARA/Novi H)


Agus Widodo menjelaskan bahwa PBVSI saat ini masih proses penjaringan dan juga masih kerangka menuju tim. Katanya, kriteria pemain yang dicari yakni atlet yang memiliki tinggi badan minimal 175 sentimeter.

Namun demikian, lanjut dia, karena pemain voli di Situbondo tidak memiliki tinggi ideal sesuai yang diharapkan, maka yang diutamakan adalah atlet yang punya kemampuan dasar bola voli yang kuat.

"Yang utama sebenarnya dari postur tubuh, tapi karena postur tubuh pemain voli di Situbondo tidak memenuhi kriteria, kami akan melihat dari kemampuan dasarnya seperti, passing, serve, smash dan blocking," paparnya.
Atlet bola voli Situbondo latihan dan sekaligus penjaringan untuk berlaga pada Porprov Jatim 2022. Minggu (5/9/2021) (ANTARA/Novi H)

Agus menambahkan, atlet yang akan ikut berlaga bagi yang berusia maksimal 22 tahun pada saat digelarnya Porprov Jatim 2022 di wilayah Tapal Kuda.

"Ada empat kabupaten/kota yang akan menjadi tuan rumah Porprov Jatim tahun depan, yakni Situbondo, Lumajang, Bondowoso, dan Jember," ujarnya. (*)

Pewarta: Novi Husdinariyanto

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2021