Rektor Universitas Airlangga Surabaya Prof. Mohammad Nasih mengatakan peserta dengan pemegang Kartu Indonesia Pintar Kuliah (KIP-K) dapat mengikuti seleksi pendaftaran untuk jalur Mandiri tahun 2021.

"Unair membuka kesempatan seluas-luasnya untuk para calon mahasiswa yang memiliki kendala dalam hal finansial," kata Nasih di Surabaya, Jumat.

Nasih menekankan bahwa finansial tidak menjadi hambatan seseorang untuk bisa menempuh pendidikan di Unair.

"Unair sangat berkomitmen untuk memfasilitasi mahasiswa yang memiliki potensi di bidang akademik namun terkendala ekonomi," ungkap Prof. Nasih.

Terkait dengan pendaftaran mahasiswa jalur Mandiri itu, Ketua Pusat Penerimaan Mahasiswa Baru (PPMB) Unair Dr. Achmad Solihin mengungkapkan bahwa pendaftaran masih dibuka hingga tanggal 20 Juni 2021.

"Kami masih memberi kesempatan kepada siswa-siswi yang kemarin belum beruntung di SNMPTN atau SBMPTN, bisa mendaftar pada jalur Mandiri," ujar Solihin.

Pembukaan pendaftaran untuk peserta KIP-Kuliah pada jalur Mandiri ini karena kuota KIP-Kuliah pada jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) dan Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) belum terpenuhi.

Jalur Mandiri 2021 Unair dibuka untuk semua program studi (prodi) S1 yang berjumlah 44 prodi.

Pada jalur Mandiri ini, lanjut Solihin, peserta dengan KIP-Kuliah tidak dikenakan biaya pendaftaran. Namun, peserta KIP-Kuliah yang telah melakukan pendaftaran dan telah melakukan pembayaran, biaya tidak dapat ditarik ulang. 

Jika lolos penerimaan mahasiswa baru, seleksi pembiayaan kuliah peserta dengan KIP-K akan dilakukan oleh Pusat Layanan Pembiayaan Pendidikan (Puslapdik).

Mahasiswa yang telah mendaftar jalur Mandiri dijadwalkan untuk mengikuti tes tulis pada 26-29 Juni 2021 di Surabaya. Materi yang akan diujikan yaitu Tes Potensi Akademik (TPA) dan Tes Kemampuan Akademik (TKA).

Untuk itu, Solihin mengimbau kepada seluruh peserta yang belum melakukan pendaftaran, segera mendaftarkan diri melalui laman https://pendaftaran.unair.ac.id/.

"Secepatnya segera melakukan proses pendaftaran karena akan ditutup pada 20 Juni pukul 23.59 WIB. Segerakan. Jangan mendaftar di akhir waktu, misal terjadi kepadatan jaringan atau kurang berkas nanti tidak ada kesempatan untuk memperbaiki," kata Solihin.

Segala informasi seputar penerimaan mahasiswa baru dapat dilihat melalui laman PPMB UNAIR http://www.ppmb.unair.ac.id/.

Pewarta: Willy Irawan

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2021