Aplikasi milik Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan, Mobile JKN yang diluncurkan sejak Juli 2017 ini membawa banyak manfaat bagi masyarakat. Tidak terkecuali Agus Ismanto. Sebagai seorang yang bekerja di salah satu media televisi nasional, Agus tentunya tidak memiliki banyak waktu di sela kesibukannya jika membutuhkan layanan BPJS Kesehatan. 

Oleh karenya dia mengandalkan aplikasi Mobile JKN saat dirinya hendak mengubah data kepesertaannya.

"Tidak butuh waktu lama, dan cukup menggunakan handpohone saja. Saya dan keluarga mau naik kelas. Sangat mudah, tidak ribet harus ke kantor, dan cepat sekali. Artinya, keberadaan aplikasi Mobile JKN ini sangat membantu," tuturnya.

Sebagai informasi, selain memiliki fitur pendaftaran dan antrian daring, Mobile JKN juga memberikan berbagi fitur, seperti Pendaftaran Peserta Mandiri Baru, Ubah Data Peserta, Cek Tagihan Premi, Konsultasi Dokter, Cek Ketersediaan Tempat Tidur di FKRTL, Skrining Kesehatan, Skrining COVID-19, Pengaduan Keluhan dan lainnya.

Pria asal Cerme, Kabupaten Gresik Jawa Timur ini mengatakan pentingnya memiliki Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS). 

Menurutnya, kesehatan keluarga adalah salah satu hal pokok dalam kehidupan, dan komponen untuk memberikan rasa aman dalam hal kesehatan.

"Salah satu ikhtiar kita menjaga Kesehatan selain menjaga tubuh kita ya dengan cara kita memiliki jaminan Kesehatan. Setiap orang pasti tidak ada yang mau sakit, tapi kan kita tidak tahu kapan datangnya sakit," kata Agus.

Ikhtiar Agus dibuktikan dengan konsistensinya dalam membayar iuran setiap bulannya, walaupun sampai saat ini ia dan keluarganya belum pernah menggunakan kartu dan pelayanan BPJS Kesehatan sama sekali. 

Ia mengatakan sama sekali tidak terbebani.

"Saya tidak ingin dan jangan sampai menggunakan Kartu BPJS Kesehatan. Yang penting kartu JKN-KIS saya bisa selalu aktif, jadi jika dibutuhkan sewaktu-waktu bisa langsung digunakan. Tidak harus menunggu untuk mengurus ini itu. Dengan seperti in ikan jadi tenang," terang Agus.

Lebih lanjut, Agus berharap agar BPJS Kesehatan dapat terus berinovasi demi kemudahan dan kecepatan layanan kepada masyarakat. Seiring dengan harapannya kepada BPJS Kesehatan.

Ia juga menyampaikan harapan kepada masyarakat agar dapat terus patuh dan disiplin terhadap ketentuan yang ada agar dapat terus dapat bergotong royong demi mendapatkan pelayanan kesehatan tanpa terkendala. 

Pewarta: A Malik Ibrahim

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2021