Direktur Rumah Sakit Islam (RSI) Lumajang dr. R. Elyunar Dwi Nugroho usai mengikuti kegiatan Forum Kemitraan di Kabupaten Lumajang menceritakan pengalamannya selama bekerjasama dengan BPJS Kesehatan Cabang Jember yang memiliki
 wilayah Kabupaten Jember dan Lumajang.

RSI Lumajang merupakan salah satu Fasilitas Kesehatan Rujukan Tingkat Lanjutan (FKRTL) mitra BPJS Kesehatan Cabang Jember dalam memberikan pelayanan kesehatan bagi peserta Jaminan Kesehatan Nasional Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS).

Dokter yang akrab disapa Elyunar itu mengungkapan pengalamannya selama bekerjasama dengan BPJS Kesehatan, terutama pada tahun 2020 dimana akibat adanya pandemi hampir mayoritas rumah sakit mengalami kesulitan dalam hal keuangan. 

Akan tetapi berbeda dengan RSI Lumajang yang tetap survive berkat kerja sama dengan BPJS Kesehatan, yang dalam melakukan pembayaran klaim JKN selalu lancar dan tepat waktu.

“Kami berterima kasih kepada BPJS Kesehatan dimana pada tahun 2020 pembayaran klaim JKN lancar dan tepat waktu, hal itu sangat berarti bagi kami, dimana banyak rumah sakit yang mengalami kesulitan keuangan pada saat pandemi," tuturnya.

Ia mengatakan kerja sama RSI Lumajang dengan BPJS Kesehatan Cabang Jember selama ini berjalan lancar dan baik, bahkan RSI Lumajang selalu berkomitmen untuk selalu mengikuti ketentuan dan inovasi yang telah di buat BPJS Kesehatan.

“Rumah sakit kami telah dilengkapi dengan Dashboard Ketersediaan Ruang Perawatan yang terupdate secara otomatis dan live, hal tersebut wujud komitmen kami dalam kerja sama dengan BPJS Kesehatan demi memberikan pelayanan terbaik pada peserta," katanya.

Klaim JKN di RSI Lumajang per bulan berkisar Rp2 hingga Rp3 miliar, sehingga pihaknua berharap pembayaran klaim tahun 2021 juga semakin baik seperti tahun 2020. 

Ia menjelaskan semakin baik komunikasi antara petugas rumah sakit dengan petugas BPJS Kesehatan, maka akan semakin baik pula pelayanan rumah sakit kepada peserta dan masyarakat.

"Kami berharap respon cepat dari petugas penanganan pengaduan BPJS Kesehatan di Rumah Sakit Islam Lumajang terus terjaga, hal itu tentunya untuk memberikan pelayanan terbaik pada peserta dan masyarakat," ujarnya. (*)

Pewarta: Zumrotun Solichah

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2021