Konsumsi elpiji di wilayah Jatim, Bali, dan Nusa Tenggara diprediksi naik sebesar 7 persen pada Ramadhan dan Hari Raya Idul Fitri 2021, karena adanya larangan mudik sehingga kegiatan atau aktivitas di rumah, seperti memasak akan bertambah.

Unit Manager Communication & CSR Pertamina Marketing Region Jatimbalinus Deden Mochamad Idhani di Surabaya, Selasa, mengatakan pada triwulan pertama 2021 konsumsi Liquified Petroleum Gas atau elpiji sebesar 413.760 Metrik Ton (MT), mencakup elpiji PSO (3 Kg) dan non-PSO (Bright Gas 5.5 Kg, Bright Gas dan Elpiji 12 Kg, Elpiji 50 Kg, serta Elpiji Bulk).

Sedangkan konsumsi tertinggi, kata dia, berada pada Maret 2021 dengan total konsumsi sebesar 145.615 MT, atau naik 9 persen dibandingkan dengan rata-rata dari bulan Januari dan Februari Tahun 2021 yang tercatat sebesar 134.070 MT.

"Untuk Ramadhan dan Hari Raya Idul Fitri 2021 kami perkiraan peningkatan konsumsi harian elpiji sebanyak 7 persen atau menjadi sebanyak 5.740 MT di wilayah Jatimbalinus," kata Deden, menjelaskan.

Sementara itu, bagi masyarakat yang ingin mendapatkan harga sesuai eceran tertinggi (HET) untuk elpiji 3 Kg bisa membeli di pangkalan resmi yang dapat dikenali masyarakat dari papan nama atau spanduk yang terpasang di areal pangkalan.

"Selain itu, masyarakat juga dapat membeli di SPBU dan modern outlet yang menyediakan produk elpiji," kata Deden, menjelaskan.

Ia menegaskan, agar masyarakat tidak perlu khawatir, karena elpiji untuk memenuhi kebutuhan masyarakat di wilayah Jatimbalinus selama Ramadhan dan Idul Fitri 2021 aman.

"Masyarakat juga dapat berpartisipasi aktif dalam upaya peningkatan pelayanan Pertamina dan melaporkan apabila terjadi kendala dan hambatan distribusi produk Pertamina melalui Pertamina Call Center di nomor 135," katanya.

Deden juga mengimbau agar konsumen membiasakan bertransaksi secara cashless atau nontunai dengan penggunaan aplikasi MyPertamina, untuk mengurangi potensi penyebaran virus melalui uang tunai.

"Saat ini juga, Pertamina memiliki promo hemat Rp300/Liter tanpa batas maksimal untuk pembelian produk BBM jenis Pertamax, Pertamax Turbo, Dexlite, dan Pertamina Dex dengan menggunakan aplikasi MyPertamina yang berlangsung pada tanggal 1- 30 April 2021," katanya.

Pewarta: A Malik Ibrahim

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2021