BPJS Kesehatan Cabang Sidoarjo tengah bersiap menyambut capaian Universal Health Coverage (UHC) di Kabupaten Sidoarjo. Salah satu persiapan yang mulai dilakukan adalah menambah kerja sama dengan fasilitas kesehatan dalam memberikan pelayanan kesehatan bagi peserta JKN-KIS.
 
Terbaru, RSU Arafah Anwar Medika Sukodono telah melayani peserta JKN-KIS terhitung sejak 1 Februari 2021.
 
Direktur RSU Anwar Medika Sukodono Prima Nerito menjelaskan perjalanan panjang RSU Anwar Medika sebelum memutuskan bekerjasama dengan BPJS Kesehatan.
 
Bermula dari balai pengobatan yang kemudian berkembang menjadi RS Ibu dan Anak hingga akhirnya di tahun 2018 berubah menjadi RS Umum Arafah Anwar Medika dan di tahun 2021 menjadi salah satu provider BPJS Kesehatan dalam memberikan pelayanan kesehatan bagi Peserta JKN-KIS.
 
"Visi kami adalah memberikan pelayanan yang terbaik, memuaskan dan terjangkau kepada seluruh masyarakat. Maka dari itu kami bekerjasama dengan BPJS Kesehatan untuk memberikan pelayanan yang komprehensif kepada seluruh lapisan masyarakat. Berangkat dari visi misi tersebut, komitmen kami sama dengan BPJS Kesehatan, memberikan pelayanan yang terbaik dan prima bagi seluruh Peserta JKN-KIS," terang Prima. 
 
Komitmen tersebut dibuktikan dengan beragam layanan yang tersedia di RSU Arafah Anwar Medika. Sebagai RS Tipe D, RSU Arafah Anwar Medika menyediakan layanan Poli Anak, Poli Penyakit Dalam, Poli Bedah, Poli Obgyn, Poli Orthopedi, Pelayanan dokter paru dan Pelayanan Spesialis Gigi Anak.
 
Kedepannya RSU Arafah Anwar Medika akan menyediakan layanan bedah Onkologi, layanan High Care Unit (HCU), Neonatal Intensive Care Unit (NICU) dan Intensive Care Unit (ICU). Pelayanan Spesialis Gigi Anak dapat dikatakan merupakan salah satu layanan unggulan yang ada di RSU Arafah Anwar Medika.
 
"Layanan yang tidak ada di tempat lain khususnya di area Sukodono adalah layanan Spesialis Gigi Anak. Kebetulan area Sukodono ini merupakan area padat penduduk. Banyak keluarga baru, banyak anak di bawah 17 tahun. Dengan adanya layanan gigi anak diharapkan dapat meningkatkan kesehatan gigi anak," tambah Prima.
 
Dengan berbagai macam layanan yang telah tersedia, Prima menyatakan RSU Arafah Anwar Medika sangat siap memberikan pelayanan terbaik bagi seluruh Peserta JKN-KIS. Prima berharap Program JKN-KIS dapat berjalan semakin baik kedepannya hingga dapat memberikan jaminan kesehatan bagi seluruh masyarakat khususnya masyarakat Kabupaten Sidoarjo.
 
"Semoga Program JKN-KIS dapat mencakup seluruh masyarakat sehingga lebih banyak lagi masyarakat yang dapat merasakan manfaat program ini," tutup Prima. (*)

Pewarta: Indra Setiawan

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2021