Pemerintah Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur,  dalam rangka memperingati Hari Kanker Sedunia, Jumat,  menggelar pemeriksaan inpeksi visual asam (IVA) serentak untuk mendeteksi dini kanker serviks pada wanita.

Kepala Bidang Pencegahan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Kabupaten Banyuwangi, dr. Andriyani mengatakan, kegiatan IVA  gratis ini digelar serentak di 45 puskesmas di kabupaten ujung timur Pulau Jawa itu.

"Kegiatan tes IVA ini sudah kami awali sejak jatuhnya Hari Kanker Sedunia pada 4 Februari 2021. Sebanyak 45 puskesmas se-Banyuwangi mulai menggelar tes IVA secara serentak," katanya.

Menurut Andriyani, dalam rangka memperingati Hari Kanker Sedunia tahun ini, Dinas Kesehatan Banyuwangi juga melakukan perawatan paliatif pada penderita kanker.

"Kegiatan paliatif ini kita berkunjung ke penderita kanker, kita motivasi mereka agar semangatnya tidak down dan terus survive," ucapnya.

Selain itu, lanjut dia, Dinas Kesehatan bersama Komunitas Osing Pink juga menggelar edukasi kepada masyarakat melalui media dan kegiatan di puskesmas, seputar deteksi dini dan pengobatan penyakit kanker, terutama kanker leher rahim dan kanker payudara pada kaum wanita.

Sementara itu, Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Banyuwangi, Ipuk Fiestiandani, meninjau langsung kegiatan tes IVA dan edukasi kanker di Puskesmas Parijatah Kulon, Kecamatan Srono.

Ipuk berpesan, seluruh masyarakat khususnya kader posyandu, kader PKK, dan tenaga medis untuk lebih gencar melakukan upaya preventif dan promotif kesehatan.

Menurutnya, dengan cara tersebut dinilai lebih efektif dalam upaya menekan jumlah penderita kanker dan penyakit degeneratif lainnya. "Ke depan, program-program berbasis preventif dan promotif harus lebih ditingkatkan lagi," katanya. (*)

Pewarta: Novi Husdinariyanto

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2021