Calon Wali Kota Surabaya nomor urut 1 Eri Cahyadi meminta pendukungnya tidak melakukan euforia berlebihan meski saat ini dirinya dan pasangannya Armuji unggul sementara dari hasil hitung cepat atas pasangan calon (paslon) nomor urut 2 Machfud Arifin-Mujiaman di Pilkada Surabaya.

"Kami Erji berdasarkan perhitungan cepat sementara diunggulkan. Kalau ini dihitung secara manual, saya kira tidak jauh berbeda. Artinya kita diberi amanah memimpin Surabaya," kata Eri Cahyadi melalui pidatonya di Kantor DPC PDI Perjuangan Surabaya di Jalan Setail, Surabaya, Rabu.

Eri mengatakan, pada Pilkada Surabaya kali ini dirinya tidak merebut kekuasaan, tapi demi kemaslahatan umat. Eri meminta pendukungnya tidak melakukan euforia berlebihan.

"Saya berharap tidak ada euforia berlebihan. Mulai sore hari ini tidak ada kawan, tidak ada lawan. Kita kembali lagi ke satu. Sehingga tidak ada lagi ujaran kebencian, berita hoaks dan saling menjatuhkan," katanya.

Mantan Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Kota (Bappeko) Surabaya juga mengajak semua pihak membangun bersama Kota Pahlawan menjadi lebih baik dan lebih hebat.

Calon Wakil Wali Kota Surabaya Armuji mengucapkan terima kasih kepada masyarakat yang telah memilih dirinya bersama Eri Cahyadi untuk mimimpin Kota Surabaya selama lima tahun ke depan.

"Saya mengucapkan terima kasih kepada seluruh warga Surabaya yang ikut berpartisipasi dengan datang ke tempat pemungutan suara (TPS). Meskipun di masa pandemi, animo luar biasa dengan protokol kesehatan," kata Mantan Ketua Dewan Perwakilan Daerah Surabaya (DPRD) Surabaya itu.

Sementara itu Ketua DPC PDI Perjuangan Surabaya Adi Sutarwijono mengatakan, meski unggul versi hitung cepat sementara, pihaknya masih menunggu angka final yang dikeluarkan KPU Kota Surabaya.

"Kita masih menunggu angka final atas Pilkada Surabaya sampai keputusan yang paling final. Seluruh kekuatan PDIP telah bekerja solid untuk mengawal Erji sehingga bisa memenangkan pilkada," katanya.

Dengan kemenangan tersebut, Adi Sutarwijono berharap Eri Cahyadi dan Armuji dapat meneruskan pembangunan yang selama ini dilakukan Tri Rismaharini.

"Kita berharap pembangunan Surabaya pada lima tahun ke depan akan meneruskan dari seluruh karya kebaikan yang sudah diletakkan bu Risma selama ini. Semoga Surabaya lebih maju dan lebih adil," ucapnya.

Pewarta: Willy Irawan

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2020