Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Gresik, Jawa Timur, menyiapkan langkah antisipasi terjadinya bencana banjir saat pelaksanaan pilkada pada 9 Desember 2020 yang bersamaan memasuki musim hujan.

Sekretaris KPU Kabupaten Gresik Fahruddin di Gresik, Rabu, mengatakan lembaganya telah meminta PPK (Panitia Pemilihan Kecamatan) untuk berkoordinasi, baik dengan kecamatan maupun muspika agar pelaksanaan pemilihan bupati dan wakil bupati berjalan lancar sesuai dengan tahapan.

Baca juga: KPU Gresik siapkan bilik khusus bagi pemilih bersuhu tubuh di atas 37 derajat

Pada musim hujan, KPU akan melakukan antisipasi terkait dengan logistik, terutama soal pengiriman, mengingat Kabupaten Gresik termasuk wilayah rawan bencana banjir.

"Kondisi cuaca juga masuk dalam perhitungan kami, apalagi di beberapa wilayah, seperti Balongpanggan dan Benjeng yang sering banjir. Ini harus diantisipasi," tuturnya.

Baca juga: KPU Gresik rekrut 15.869 petugas KPPS

Oleh karena itu, pada saat pengiriman logistik dari KPU Kabupaten Gresik ke PPK, berkas akan diberi pelindung plastik. Selain itu, barang yang disalurkan juga harus sudah disemprot dengan disinfektan.

"Nantinya, PPK yang menerima berkas itu harus menggunakan alat pelindung diri, seperti masker dan lain-lain," ujarnya.

Baca juga: Tanggul Kali Lamong Gresik mulai dibangun untuk cegah banjir
Baca juga: Khofifah: Pembuatan tanggul jadi solusi atasi banjir luapan Kali Lamong (Video)

Selanjutnya, logistik dari PPK akan dikirim ke PPS, lalu ke tingkat KPPS.

Dari pengiriman dari KPU ke KPPS, kata dia, dipastikan barang sudah disterilsasi. Hal ini untuk mengantisipasi penyebaran virus COVID-19.

Sementara itu, Ketua KPU Kabupaten Gresik Akhmad Roni mengimbau seluruh penyelenggara agar menyiapkan diri, apalagi pelaksanaan pemilihan yang akan berlangsung pada tanggal 9 Desember mendatang membutuhkan tenaga ekstra.

"Kali ini kami akan membahas persiapan penerimaan dan pengelolaan logistik perlengkapan pemungutan surat suara dan perlengkapan lainnya," katanya menerangkan.

Rapat koordinasi di ruang utama Kantor KPU Kabupaten Gresik Jalan Dr Wahidin dihadiri anggota PPK se-Kabupaten Gresik.
 

Pewarta: A. Malik Ibrahim

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2020