Jajaran Bandara Banyuwangi, Jawa Timur, menggelar kegiatan kampanye keselamatan dan kesehatan perjalanan (safe travel campaign) yang ditujukan kepada penumpang pesawat, kru pesawat hingga karyawan bandara pada Hari Ulang Tahun Ke-75 Republik Indonesia, Senin (17/8).

Kampanye keselamatan ini juga merupakan rangkaian kegiatan HUT Ke-36 PT Angkasa Pura II, dalam kegiatan safe travel campaign tersebut, karyawan Bandara Banyuwangi membagikan masker gratis kepada para penumpang pesawat serta mengajak menerapkan menerapkan protokol kesehatan.

"Berbagai kegiatan memeriahkan HUT Ke-75 RI ini digelar oleh semua pemangku kepentingan, termasuk PT Angkasa Pura II yang merupakan mitra kerja kami di di sektor bisnis dan pariwisata. Saya ucapkan selamat ulang tahun ke 36 dan sukses dengan kegiatan safe travel campaign," ujar Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas.

Menurut Anas, safe travel campaign ini akan bermanfaat bagi dunia penerbangan, di tengah pendemi COVID-19 penerbangan di Indonesia runtuh dengan adanya banyak pembatasan, sehingga diperlukan pengungkit untuk kembali bangkit.

"Salah satunya penerapan ketat protokol kesehatan. Orang akan bersedia bepergian jika penerapan protokol kesehatan diterapkan dengan sungguh-sungguh, sehingga penumpang aman, awak kabin pesawat sehat dan termasuk karyawan bandara juga selamat dari COVID-19," katanya.

Sementara itu, Eksekutif General Manager (EGM) Bandara Banyuwangi, Cin Asmoro mengemukakan bahwa tema safe travel campaign adalah safe airport, healthy airport, hygiene airport.

"Tujuan diadakannya kampanye keselamatan ini untuk pemastian safe travel experience dengan tetap mengimplementasikan protokol pandemi yang berlaku. Kesiapan operasional dan staf menghadapi adaptasi kebiasaan baru, membangun kembali trust and confidence bagi seluruh civitas bandara, terutama calon pelanggan pengguna moda transportasi udara," paparnya.

Kegiatan safe travel campaign ini diakhiri dengan acara bincang-bincang (talk show) tentang perjalanan aman pada masa adaptasi kebiasan baru.

Dengan menghadirkan narasumber Executive General Manager Kantor Cabang Bandara Banyuwangi, Cin Asmoro, Kadis Kesehatan Kabupaten Banyuwangi dr Widji Lestariono, Kadis Pariwisata Kabupaten Banyuwangi M Yunarto Bramuda, serta perwakilan Dinas Perhubungan Darat Banyuwangi.

"Kegiatan talk show tersebut bertujuan untuk memberikan pengetahuan bahwa Bandara Banyuwangi sudah menerapkan protokol kesehatan secara konsisten. Harapannya dengan menerapkan protokol kesehatan, dunia penerbangan kembali normal, pergerakan pesawat bertambah, pergerakan penumpang juga bertambah, pariwisata yang ada di Banyuwangi ini bisa lebih ramai lagi, sehingga dapat meningkatkan perekonomian kembali," kata Cin Asmoro. (*)

Pewarta: Novi Husdinariyanto

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2020