Bakso merupakan kuliner nusantara yang menjadi favorit masyarakat dan semua kalangan, bahkan anak-anak, remaja, hingga lansia tentu tidak asing dan pernah mencoba kuliner bakso yang hampir ada di setiap daerah di Indonesia.

Beraneka ragam varian menu bakso yang makin kekinian mengikuti zaman juga banyak hadir dengan nama-nama yang berbeda seperti bakso mercon, bakso kabut, bakso keju, bakso iga, bakso beranak, dan masih banyak lagi tentunya.

Di Kabupaten Jember, seorang ibu beranak tiga membuat varian menu bakso iga yang berbeda dengan bakso iga lainnya yang disajikan di Dapur Kinkin yang berada di Jalan Sumatera No. 82 B, Kelurahan/Kecamatan Sumbersari yang hanya dibuka pada sore hari pukul 16.00 hingga 22.00 WIB.

Namun kuliner tersebut dibuka secara terbatas di tengah pandemi COVID-19 dengan layanan drive thru, sehingga makanan langsung dibawa pulang dan tidak dimakan di tempat.

Tulang iga pada sapi merupakan salah satu bagian favorit yang dimasak oleh pecinta kuliner dan harganya pun lebih mahal dari beberapa bagian lainnya, nah bagaimana jika dipadukan dengan hidangan kesukaan segala kalangan yakni bakso yang menjadi kuliner favorit masyarakat Indonesia.

Salah satunya di Dapur Kinkin,  pecinta kuliner bisa menikmati bakso iga yang berbeda dengan bakso iga lainnya. Jika biasanya iga hanya disajikan dalam toping atau pelengkap semangkuk bakso, namun di sini daging iga beserta tulangnya dibalut dengan bakso, sehingga ukurannya menjadi jumbo.

Pemilik Dapur Kinkin, Lusi A. Sembiring mengatakan biasanya tulang iga disajikan sebagai pelengkap kuah bakso dan kebanyakan bakso iga yang ada hanya sedikit daging daging iga yang menempel pada tulangnya, sehingga olahan baksonya lebih tebal dibandingkan daging iganya.

"Kami ingin beda dengan bakso iga lainnya, sehingga daging iga yang kami pilih untuk bakso iga harus benar-benar utuh dan masih banyak dagingnya, sehingga kami harus memesan khusus kepada pedagang daging sapi di pasar tradisional," tuturnya.

Menurutnya balutan bakso pada daging iga juga tidak terlalu tebal, sehingga perpaduan antara daging iga dan bakso terasa sepadan saat digigit karena daging iganya juga sudah sangat empuk melalui beberapa tahapan dalam proses memasaknya.

"Di Dapur Kinkin, kami utamakan masakan sehat, sehingga kami masak daging iganya dengan proses dikukus yang cukup lama, sehingga benar-benar empuk, kemudian direbus dan baru diolah menjadi bakso iga," ucap alumnus Universitas Jember itu.

Empuknya daging iga yang masih menempel di tulang dibalut dengan padatnya daging bakso menjadi sensasi tersendiri bagi pecinta kuliner yang memakan bakso iga buatan Lusi.

Sisa tetelan iga yang tidak bisa digunakan untuk membuat bakso iga dibuat untuk kaldu kuah baksonya dengan bumbu rempah rahasia keluarga, sehingga rasa kuahnya juga rasa iga sapi dan tidak memakai tulang sumsum yang biasanya digunakan sebagai kaldu kuah bakso pada umumnya.

Satu porsi bakso iga dibandrol dengan harga Rp50 ribu yang berisi dua bakso iga dilengkapi dengan pentol dan tahu pentol, namun ada juga bakso iga mix dengan campuran babat dan usus dengan harga yang sama Rp50 ribu untuk satu porsi.

Lusi mengaku tidak memasak banyak untuk kuliner bakso iga dan biasanya berdasarkan pesanan dari pelanggan, sehingga hanya melayani bakso iga pada hari Rabu saja di Dapur Kinkin dengan layanan drive thru, namun untuk hari lainnya bisa langsung memesan melalui whatsapp atau telpon di nomor 081233869083 dan 08155905794.

"Kami masih terus memperbaiki cita rasa bakso iga dan berusaha untuk menyempurnakannya karena baru dua minggu yang lalu kami menambah menu bakso iga di Dapur Kinkin yang berawal dari pesanan pelanggan," ujarnya.
Bakso iga Dapur Kinkin (Foto Antarajatim/ HO - Dapur Kinkin)

Ke depan, lanjut dia, Dapur Kinkin akan membuat kemasan bakso iga frozen, sehingga dapat dibawa ke luar kota atau dapat disimpan lebih lama di kulkas, sehingga pelanggan bisa menikmati bakso iga sewaktu-waktu di rumah bersama keluarga tercinta.

Tidak hanya bakso iga, Dapur Kinkin juga menyediakan aneka bakaran seperti ikan gurami bakar, gurami dhabu-dhabu, lele bakar, sosis bakar, pentol bakar, tahu bakar, tempura bakar dengan varian rasa bakaran yang berbeda seperti blackpaper, barbeque, dan original, serta menyajikan aneka minuman yang bisa juga dipesan melalui layanan drive thru.

Nah anda penasaran dengan sensasi bakso iga yang maknyus dan aneka camilan bakarannya, bisa langsung  singgah dan memesannya di Dapur Kinkin yang buka setiap hari pada sore hingga malam hari. (*)

Pewarta: Zumrotun Solichah

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2020