Pemerintah Kabupaten Banyuwangi terus berupaya melakukan percepatan pembangunan daerahnya dengan menyinergikan program yang dijalankan Pemerintah Provinsi Jawa Timur.

"Alhamdulillah, kemarin kami diterima oleh Pemprov Jatim yang dipimpin Sekretaris Daerah Pemprov Jatim Pak Heru Tjahjono. Dukungan Pemprov Jatim ke Banyuwangi luar biasa untuk mengakselerasi perekonomian daerah," ujar Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas di Banyuwangi, Kamis.

Dalam pertemuan itu, katanya, membahas sejumlah program pembangunan di Banyuwangi yang didukung Pemprov Jatim dan pemerintah pusat, di antaranya pembangunan tol, jalur lingkar selatan, pendidikan tingkat SMA sederajat, hingga pengembangan Banyuwangi sebagai salah satu geopark internasional.

Menurut Azwar Anas, Banyuwangi telah ditetapkan sebagai geopark nasional dan saat ini tengah mempersiapkan menuju Unesco Global Geopark (UGG), sedangkan perencanaan jangka panjang (masterplan) untuk menuju UGG telah disusun oleh Banyuwangi.

"Geopark ini bukan semata urusan branding, akan tetapi di dalamnya juga terkandung berbagai upaya lainnya, mulai dari lingkungan, pemberdayaan masyarakat, penguatan adat dan tradisi, hingga peningkatan jumlah kunjungan wisatawan," ujarnya.

Menurut ia, Banyuwangi yang masuk dalam kawasan Selingkar Ijen akan menjadi bagian pembangunan dalam skala provinsi dan nasional, hal itu juga menjadi salah satu bahasan dalam pertemuan yang juga dihadiri sejumlah kepala dinas di lingkungan Pemprov Jatim.

"Sinergi yang kuat antara pusat, pemprov dan kabupaten akan mempercepat pengembangan Banyuwangi," kata Anas.

Dalam kesempatan itu, Bupati Azwar Anas juga berharap dukungan pemerintah provinsi untuk menata Banyuwangi, sebagai pintu gerbang Jatim dari arah timur. Karena seiring dengan rencana pembangunan jalan tol Trans Jawa yang berujung di Banyuwangi serta renovasi pelabuhan Ketapang oleh BUMN PT ASDP.

"PT ASDP dalam waktu dekat akan merestorasi Pelabuhan Ketapang dengan menggandeng arsitek nasional, Gregorius Supie. Bersama dengan pembangunan jalan tol Probowangi, tentunya gerbang timur Jawa Timur akan semakin atraktif yang diharapkan akan bisa menarik wisatawan dari Bali datang ke Banyuwangi," paparnya.

Ia menambahkan, dalam pembahasan geopark, Pemprov Jatim berjanji untuk memberikan atensi khusus pada Banyuwangi. Kawasan Gunung Ijen yang menjadi salah satu dari geopark di Banyuwangi bakal jadi skala prioritas.

Pewarta: Novi Husdinariyanto

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2020