Sekretaris DPD PDI Perjuangan Sri Untari Bisowarno menilai keberhasilan Tri Rismaharini memimpin Kota Surabaya karena tidak lepas dari mengamalkan ajaran Bung Karno di bidang pemerintahan.

"Ada ajaran Bung Karno yaitu Trisakti yang diamalkan oleh Bu Risma," ujarnya kepada wartawan di Surabaya, Kamis.

Menurut Sri Untari, Tri Rismaharini merupakan kepala daerah yang dikenal tegas, berkomitmen dan mampu membangun wilayahnya menjadi kota terbaik dunia.

Selain Risma, sejumlah kepala daerah asal PDI Perjuangan lainnya yang juga berhasil yaitu Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas, Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko, Bupati Trenggalek Moch Nur Arifin dan beberapa nama lainnya.

Ketua Fraksi PDI Perjuangan DPRD Jatim itu menilai ajaran Trisakti dari Bung Karno yang kini sedang dijalankan dan digaungkan oleh Presiden RI Joko Widodo bisa mengatasi permasalahan bangsa Indonesia, termasuk masalah di daerah.

Trisakti yang dicetuskan Bung Karno, kata dia, mencakup berdaulat di bidang politik, berdikari di bidang ekonomi dan berkepribadian dalam bidang kebudayaan sangat dibutuhkan oleh bangsa Indonesia saat ini.

Hal ini membuatnya terinspirasi dari Trisakti Bung Karno dan beberapa tahun lalu telah mencoba membangkitkan koperasi sebagai soko guru ekonomi.

"Saya mulai dari mengubah pola pikir masyarakat dan setelah melalui perjuangan panjang akhirnya Koperasi SBW bisa berkembang baik dan menjadi koperasi terbaik di Indonesia. Imbasnya ada puluhan ribu anggota yang secara ekonomis menerima dampak positifnya," katanya. (*)

Pewarta: Fiqih Arfani

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2020