Sebuah mobil bernomor polisi S1794ZH tertimpa pohon tumbang akibat diterjang angin kencang di wilayah Balong Bendo, Sidoarjo, Jawa Timur, Senin sore.

Kendaraan yang kebetulan melintas di jalur nasional Surabaya ke arah Mojokerto itu tertimpa pohon tumbang hingga mengakibatkan pengemudinya terluka harus dibawa ke rumah sakit terdekat.

"Akibat kejadian ini kemacetan dua arah tidak terhindarkan lagi," kata Budi, warga setempat.

Baca juga: Hujan disertai angin kencang tumbangkan pohon dan tiang listrik di Surabaya

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Sidoarjo Dwidjo Prawito mengatakan, pihaknya menyiagakan sejumlah anggota untuk membantu proses evakuasi kejadian akkibat angin kencang.

"Kami juga ada grup yang berisi pemangku kepentingan di Sidoarjo sehingga kalau terjadi bencana angin kencang atau yang lainnya bisa segera ditangani dengan cepat," ujarnya.

Baca juga: BMKG ingatkan dampak adanya pertemuan angin di sepanjang wilayah Jatim

Menurutnya, untuk kesiapan alat berat seperti gergaji mesin sudah dimiliki oleh petugas di lapangan, baik itu dari kepolisian atau juga unsur lainnya.

"Termasuk juga dari masyarakat juga bisa menggunakan gergaji mesin untuk membantu proses evakuasi pohon tumbang jika dibutuhkan," katanya.

Baca juga: Hujan deras disertai angin kencang, Emil Dardak imbau masyarakat waspada

Kejadian angin kencang sebelumnya juga melanda Desa Barengkrajan, Kecamatan Krian, Sidoarjo, mengakibatkan sejumlah tiang listrik dan pohon tumbang.

Akibatnya, aliran listrik yang memasok wilayah itu terputus dan menunggu PLN untuk melakukan perbaikan kembali.

Pewarta: Indra Setiawan

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2020