Kepolisian Resor Blitar, Jawa Timur, akan menggelar kegiatan "Bhayangkara Adventure Seven"  menjelang peringatan Hari Bhayangkara Ke-74.

Kapolres Blitar AKBP Budi Hermanto mengemukakan kegiatan ini memang sengaja digelar. Selain menjelang peringatan Hari Bhayangkara Ke-74, juga ajang silaturahmi para rider dari berbagai Nusantara. 

Para rider diajak untuk berpetualang di spot yang menatang dan menarik. Mereka juga diajak untuk menikmati  eksotika kawasan hutan dan pegunungan Blitar utara, serta membelah beberapa sungai.

"Kami ingin memperkenalkan keindahan alam dan wahana wisata di Blitar yang sangat indah dan eksotik, melalui kegiatan ini," kata Kapolres di Blitar, Sabtu. 

Kegiatan itu akan mengambil titik start dan finish dari kawasan Bendungan Wlingi Raya, pada Minggu (19/1/2020). Kegiatan ini juga dipastikan akan meriah. Penyelenggara menyiapkan sedikitnya 500 superball (jumping) yang siap ditaklukkan oleh para riders. 

Selain itu, dalam juga menyajikan sebanyak sembilan tanjakan yang memiliki kemiringan (elevasi) antara 45 hingga 60 derajat, dengan ketinggian rata-rata mencapai 60 meter. 

Pihaknya optimistis kegiatan ini akan menarik minat para riders dari berbagai penjuru Nusantara. Terlebih lagi, pemandangan alam di Blitar juga tidak kalah ketimbang pemandangan alam di kota lainnya dengan ribuan batang pohon sengon dan karet. 

Bagi riders pemula, Polres Blitar telah menyiapkan jalur pendek dengan jarak tempuh 40 hingga 50 kilometer dengan estimasi waktu tempuh sekitar 3-4 jam. 

Sedangkan bagi riders dengan jam terbang tinggi, panitia sudah mempersiapkan jalur panjang dengan jarak tempuh sekitar 60 hingga 70 kilometer, dengan estimasi waktu tempuh sekitar 4-5 jam. 

Dari segi keamanan, pihaknya juga sudah seoptimal mungkin dan tidak mau kecolongan. Terdapat empat pos evakuasi lengkap dengan tim medis di sepanjang jalur.

"Jadi, peserta bisa benar-benar terjamin kenyamanannya," ujar dia.

Sementara itu, saat di garis finish, penyelenggara juga sudah menyiapkan berbagai hadiah menarik yang bisa dibawa pulang oleh riders. Di antaranya dua unit mobil, empat unit sepeda motor dan beragam hadiah lainnya. Acara tersebut juga akan dimeriahkan oleh artis ibukota Uut Permata Sari. 

Kapolres mengatakan, saat ini sudah ada beberapa riders dari berbagai penjuru Nusantara yang daftar. Ditargetkan ada 3.000 slot peserta ikut serta dalam ajang ini. 
 
"Sudah ada beberapa peserta yang mendaftar dari beberapa provinsi, seperti Kalimantan, Sumatera, Jateng, Jabar dan Bali," ujar dia. (*)

Pewarta: Asmaul Chusna

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2019