Final kompetisi kewirausahaan bertajuk Diplomat Success Challenge ke-10 tahun 2019 (DSC|X) yang digagas Wismilak Foundation digelar pada hari ini, Sabtu,  di De Tjolomadoe, Karanganyar, Jawa Tengah, dengan menghadirkan para tokoh untuk berbagi pengetahuan dan pengalaman di dunia bisnis.

Keterangan tertulis yang diterima ANTARA di Surabaya, menjelaskan bahwa acara tersebut akan dibuka oleh Direktur Utama PT Wismilak Inti Makmur Tbk Ronald Walla, yang juga  Dewan Pimpinan Harian, Ketua Bidang UMKM-IKM DPN APINDO. 
 
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dijadwalkan akan berbicara tentang “Sinergi Birokrasi Profesional Pengusaha”. Sedangkan sejumlah mentor rencananya juga akan berbagi pengetahuan dan pengalaman di antaranya Michael Tampi dengan tema “Jangan Jadi Pengusaha”, Muhammad Aga tentang
“Cerita Manis Kopi Pahit Indonesia”, Dina Dellyana tentang “Ekonomi Kreatif Dimulai Dari Hobi”, dan Pangeran Siahaan tentang “Pengusaha adalah Brand Ambassador”.

Pada esok harinya, pada 17 November 2019, akan berlangsung final hari kedua yang dilanjutkan pengumuman pemenang DSC|X. Pemenang akan mendapatkan hibah modal usaha senilai total Rp 2 miliar. 

Seperti diketahui,  Dewan Juri DSC|X telah memilih 12 peserta yang akan tampil dalam babak final. Mereka adalah Banopolis, SUNKRISPS, Sweet Sundae Ice Cream, Lingkaran, kylafood.com, Hear Me, Cryptoscope, Astrobike, Apel Celup, Beehive Agriculture, Brownies Chip, dan OKE Garden.

Sebelumnya,  para peserta tersebut telah mengikuti Incubation Session atau fase pembekalan pengetahuan dan pendalaman materi pada akhir Oktober 2019. Mereka terpilih setelah mengikuti rangkaian seleksi, mulai dari seleksi regional (Regional Selection) hingga seleksi nasional (National Selection).

Regional Selection pertama diadakan di Surabaya pada 14 September 2019. Kemudian, dilaksanakan Regional Selection di Yogyakarta pada 17 September 2019, Semarang pada 21 September 2019, Jakarta pada 26 September 2019, dan Bandung pada 1 Oktober 2019.

Setelah itu, 100 proposal terbaik kembali diuji di babak National Selection di Surabaya pada 8 Oktober 2019 dan Jakarta pada 13 Oktober 2019, sebelum akhirnya dipilih sebanyak 12 peserta yang berhak mengikuti babak final  (Final Day). (*)





 

Pewarta: SHP

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2019