Penyedia layanan transportasi daring Grab mengklaim memberi kontribusi sebesar Rp8,9 trilun pada perekonomian Kota Surabaya selama tahun 2018.

"Kontribusi terbesar dihasilkan dari mitra GrabFood yang angkanya mencapai Rp4,2 triliun," ujar Deputy Head of Public Affairs Grab Indonesia Tirza Reinata Munusamy di sela diskusi publik Grab bersama CSIS dan Tenggara Strategics di Surabaya, Senin.

Ia juga memaparkan data lainnya, yaitu GrabBike berkontribusi sebesar Rp3,5 triliun, GrabCar senilai Rp1,1 triliun, GrabKios individual dan toko sebesar Rp49 miliar.

Sedangkan pendapatan mitra pengemudi GrabBike meningkat sebesar 144 persen dan GrabCar sebesar 114 persen, serta penjualan mingguan mitra merchant GrabFood meningkat sebesar 34 persen.

Selain itu, tambahnya, Grab juga berkontribusi dalam penciptaan lapangan kerja, yaitu sebanyak 38 persen mitra pengemudi GrabBike, 40 persen agen individual GrabKios, serta 35 persen mitra pengemudi GrabCar yang sebelumnya tidak memiliki penghasilan, kini dapat memperoleh penghasilan setelah bermitra dengan Grab.

Pada kesempatan sama, Kepala Departemen Ekonomi Center for Strategic and International Studies (CSIS) Yose Riza Damui mengatakan, pertumbuhan ekonomi itu harus bisa dinikmati oleh setiap orang dari berbagai kalangan di Indonesia, mulai dari bisnis-bisnis skala kecil hingga masyarakat umum. 

"Satu-satunya cara kita semua dapat meraih kesuksesan adalah dengan memastikan setiap pihak benar-benar menjalankan fungsinya," ucapnya.

Dalam "Laporan Dampak Sosial Grab 2018-2019" yang diluncurkan pada 24 September, diestimasi kontribusi Grab mencapai 5,8 miliar dolar AS atau sekitar Rp81,5 triliun terhadap perekonomian Asia Tenggara dalam 12 bulan hingga Maret 2019.

Ia menyampaikan, dampak sosial Grab tampak pada dua aspek, salah satunys yakni pembukaan akses perbankan kepada usaha kecil dan menengah (UKM) dengan 1,7 juta UMKM di Asia Tenggara telah dibantu Grab untuk membuka rekening bank pertamanya.

Pewarta: Fiqih Arfani

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2019