Wakil Bupati Probolinggo Timbul Prihanjoko mengimbau masyarakat agar menjadikan Pancasila sebagai sumber inspirasi dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

"Mari jadikan Pancasila sebagai sumber inspirasi dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Semoga Kabupaten Probolinggo ke depan semakin dimampukan oleh Allah SWT menjadi kabupaten yang baldatun tayyibatun warrabun ghofur," kata Timbul dalam upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila di halaman depan Kantor Bupati Probolinggo, Selasa.

Peringatan Hari Kesaktian Pancasila tahun 2019 ini mengambil tema "Pancasila Sebagai Dasar Penguatan Karakter Bangsa Menuju Indonesia Maju dan Bahagia", dengan inspektur upacara Wabup Probolinggo Timbul Prihanjoko dan komandan upacara Sekretaris Dinas Perikanan (Diskan) Kabupaten Probolinggo Achmad Aruman.

Wabup Timbul dalam sambutannya mengatakan tanggal 1 Oktober dengan sejarah kelam yang melatarbelakanginya merupakan momentum untuk lebih mempertebal dan meresapkan keyakinan akan kebenaran dan kesaktian Pancasila yang merupakan dasar negara dan pandangan hidup bangsa yang dapat mempersatukan seluruh negara, bangsa dan rakyat Indonesia.

"Sebagai bangsa besar tidak akan meninggalkan sejarah yang oleh Bung Karno disebut Jas Merah, sehingga kita memperingati Hari Kesaktian Pancasila untuk menghormati jasa para pahlawan revolusi yang telah mengorbankan jiwa raganya dalam mempertahankan ideologi Pancasila, sekaligus meneguhkan komitmen terhadap ideologi negara," tuturnya.

Ia mengatakan pihaknya berusaha merefleksikan momentum sejarah dimana para pahlawan revolusi mempertahankan nilai-nilai fundamental Pancasila sebagai dasar negara sehingga bangsa yang beragam dapat bersatu dan menyatu sebagai satu bangsa.

"Dengan memperingati Hari Kesaktian Pancasila, mari bangun kebersamaan dan harapan untuk menyongsong kehidupan berbangsa dan bernegara yang lebih baik," katanya.

Menurutnya, Pancasila sebagai tuntunan mengandung visi dan misi negara yang memberikan orientasi, arah perjuangan dan pembangunan bangsa ke depan serta memberikan harapan dalam merealisasikan visi dan misi bangsa Indonesia.

"Kita Indonesia, kita Pancasila adalah sosok yang percaya diri dan optimis dalam menatap masa depan bangsa yang maju, adil dan makmur," ucap Wabup Probolinggo dua periode itu.

Peringatan Hari Kesaktian Pancasila diikuti oleh ASN di lingkungan Pemkab Probolinggo, dengan dihadiri oleh jajaran perwakilan forkopimda, staf ahli Bupati, asisten dan kepala organisasi perangkat daerah (OPD) di lingkungan Pemkab Probolinggo. Dalam kesempatan itu, juga dibacakan ikrar oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Probolinggo Soeparwiyono.

Pewarta: Zumrotun Solichah

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2019