Sebanyak 71 peserta pelatihan baru Peace Corps atau relawan bidang pendidikan dari Pemerintah Amerika Serikat akan mengikuti pelatihan di Kediri, Jawa Timur, sebelum mereka siap membagikan ilmunya ke sekolah-sekolah di Indonesia.

Partner Relations Manager Peace Corps Indonesia Joni Zulfikar mengatakan 71 peserta pelatihan baru Peace Corps dari Amerika Serikat tersebut baru tiba di Indonesia.

"Mereka tiba di Indonesia dan untuk 10 pekan mengikuti pelatihan pratugas, meliputi belajar bahasa, pelatihan teknis, dan pelatihan tentang budaya," katanya dalam rilis yang diterima, Senin.

Dalam pelatihan ini mereka juga belajar Bahasa Indonesia dan salah satu bahasa daerah, Madura, Jawa, Sunda, atau Melayu Kupang.

Relawan juga terlibat dalam proyek di luar kelas, di antaranya klub bahasa Inggris, kemah kepemimpinan, lomba bahasa Inggris, tutor, pengembangan perpustakaan, kegiatan mendorong minat baca, dan pelatihan untuk Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Bahasa Inggris.

Agar bisa membaur dengan masyarakat, relawan Peace Corps di Indonesia tinggal dengan keluarga asuh sepanjang masa penugasannya. Keluarga ini diusulkan oleh sekolah dan dikunjungi serta diseleksi oleh staff Peace Corps.

Peace Corps menyelenggarakan program pelatihan bermitra dengan IAIN Kediri, Alam Bahasa dan sekolah-sekolah dan madrasah di Kediri, Jawa Timur, untuk kegiatan praktikum.

Setelah menyelesaikan program pelatihan pratugas, relawan akan bertugas mengajar di berbagai sekolah potensial di Jawa Timur, Jawa Barat, dan Nusa Tenggara Timur untuk jangka waktu dua tahun. Relawan akan ditempatkan di 27 SMA, 18 SMK, 16 MTsN dan 10 MAN.

"Mereka akan mengajar bersama dengan guru Bahasa Inggris setempat. Setidaknya 20 jam per pekan, memimpin kegiatan ekstra kurikuler, tinggal dengan keluarga Indonesia, ikut serta dalam kegiatan masyarakat, dan melaksanakan kegiatan-kegiatan yang mengedepankan kesukarelawanan, kepemimpinan, dan pelatihan ketrampilan hidup bagi pemuda-pemudi," kata dia.

Pihaknya menambahkan, Peace Corps hadir di Indonesia atas undangan Pemerintah Indonesia dan mendapatkan dukungan penuh dari para mitra, termasuk Kementerian Luar Negeri, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Kementerian Agama, Kementerian PPN/Bappenas, serta mitra di tingkat provinsi dan kabupaten/kota.

Sejak dibuka kembali pada 2010, 512 Relawan Peace Corps telah bertugas di Indonesia. 

Sebelumnya, sebanyak 55 relawan asing asal Amerika Serikat bergabung dalam Peace Corp Indonesia dan bertugas di berbagai sekolah di Jawa Timur, Jawa Barat, serta Nusa Tenggara Timur (NTT) selama 24 bulan. 

Pewarta: Asmaul Chusna

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2019