Prajurit Korps Marinir TNI AL dan Marinir Amerika Serikat (USMC) mengkolaborasikan manuver latihan gerakan maju kontak (GMUK) dan serangan dalam materi Latihan Bersama Platoon Exchange 2019 di Puslatpurmar 5 Baluran Situbondo, Jawa Timur, Sabtu.

Kolaborasi manuver latihan gerakan maju kontak  dan serangan prajurit Marinir dua negara ini, menskenariokan berhasil menemukan dan menghancurkan musuh.

Latihan yang mengkolaborasikan manuver prajurit Marinir kedua negara ini, merupakan salah satu materi Latihan Bersama Platoon Exchange 2019.

Komandan Satgas Latma Platex 2019, Mayor Marinir Eko Budi Prasetyo mengemukakan bahwa materi latihan GMUK dan Serangan bertujuan untuk meningkatkan profesionalisme prajurit Marinir kedua negara, khususnya kerja sama dalam manuver pasukan di lapangan.

Selain latihan GMUK dan Serangan, kata dia, dalam Latma Platoon Exchange tahun 2019 juga dilatihkan beberapa materi lainnya diantaranya patroli tempur, menembak reaksi, pertempuran jarak dekat dan jungle survival.

"Latma Platex akan berlangsung hingga 27 Agustus 2019 dengan daerah latihan meliputi Mako Yonif 3 Marinir Gedangan, Puslatpurmar 5 Baluran dan di Hutan Selogiri Banyuwangi," paparnya.

Latihan bersama ini juga disaksikan oleh Perwira Interpreter Mayor Marinir Anton Waris Kuncoro, Pasiops Yonif 3 Mar Mayor Marinir Iskandar Muda Tanjung dan Kapten USMC Alfarado dan untuk manuver lapangan dibawah komando Lettu Marinir Presly. (*)

Pewarta: Novi Husdinariyanto

Editor : Tunggul Susilo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2019