Marinir Amerika turut upacara HUT RI di Hutan Banyuwangi

id Latma Platex 2019,korps marinir,TNI AL,Marinir Amerika,latihan bersama Marinir Indonesia dan Marinir Amerika

Marinir Amerika turut upacara HUT RI di Hutan Banyuwangi

Korps Marinir TNI AL dan Marinir AMerika (USMC) saat Upaca HUT Ke-74 RI di Hutan Selogiri, Banyuwangi. Sabtu (17/8/19) (Dispen Kormar)

Banyuwangi (ANTARA) - Prajurit Korps Marinir TNI AL dan Marinir Amerika Serikat (USMC) yang tergabung dalam Latma Platex 2019 ikut melaksanakan upacara memperingati HUT Ke-74 Republik Indonesia di Hutan Selogiri, Kecamatan Kalipuro, Banyuwangi, Jawa Timur, Sabtu.

Keterangan tertulis diterima ANTARA di Banyuwangi, menyebutkan Komandan Satgas Latma Platex 2019 Mayor Marinir Eko Budi Prasetyo bertindak selaku inspektur upacara dan Komandan upacara Lettu Mar Presly yang menjabat sebagai Komandan Kompi Latma Platex 2019.

Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Siwi Sukma Adji dalam amanat tertulis yang dibacakan inspektur upacara menyampaikan bahwa tahun 2019 pemerintah telah menetapkan tema peringatan HUT Ke-74 RI yaitu "SDM Unggul, Indonesia Maju".

Tema tersebut menjadi fondasi dasar dan pemacu semangat Indonesia ke depan, khususnya bagi prajurit pejuang matra laut yang merupakan salah satu komponen utama pertahanan negara di laut sebagaimana digariskan dalam UUD RI Tahun 1945.

Pembangunan fisik kekuatan TNI AL, seperti kapal perang, pesawat udara, pangkalan dan Marinir hanya membutuhkan waktu beberapa tahun, tetapi untuk membangun SDM yang unggul dibutuhkan waktu yang lebih panjang.

Dengan demikian, perhatian terhadap pembangunan SDM TNI AL perlu terus ditingkatkan ke depan, sehingga mampu menciptakan prajurit profesional yang kompeten dan bermoral.

"Melalui momentum peringatan Kemerdekaan Republik Indonesia tahun ini, saya mengajak kepada seluruh prajurit TNI AL untuk bersama-sama memacu diri dan berani berkompetisi agar kita mampu sejajar dan bersaing dengan kekuatan angkatan laut negara kawasan," dalam amanat Kasal.

Laksamana Siwi Sukma Adji juga menyampaikan bahwa keterbatasan anggaran bukanlah kendala yang menjadi alasan untuk tidak berbuat yang terbaik.

Dengan apa yang telah diberikan kepada TNI AL agar dikelola dengan sebaik-baiknya untuk dapat memberikan hasil nyata dan manfaat bagi masyarakat, terutama dalam menciptakan laut yang aman, tertib dan dapat dimanfaatkan sebesar-besarnya untuk kemakmuran rakyat Indonesia.

Turut hadir dalam kesempatan ini, Perwira Interpreter Mayor Marinir Anton Waris Kuncoro, Pasiops Yonif 3 Mar Mayor Marinir Iskandar Muda Tanjung, Kapten USMC Alfarado, Lettu USMC Clark dan seluruh Perwira yang tergabung dalam Latma Platex 2019.
Pewarta :
Editor: Didik Kusbiantoro
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar