Bupati Jember Faida mengatakan kabupatennya meraih juara pertama sebagai stan terbaik tingkat kabupaten dalam pameran peringatan Hari Koperasi Nasional (Harkopnas) ke-72 di Purwokerto, Jawa Tengah, karena mempromosikan produk lokal kabupaten setempat.

"Alhamdulillah Pemkab Jember meraih juara di sejumlah kegiatan pameran nasional karena tidak lepas dari sistem yang sudah ditata selama ini dan sistem sudah berjalan, sehingga Jember bisa mendapatkan juara," kata Faida di Jember, MInggu.

Ia menilai setiap program yang di susunnya memiliki tujuan yang akhirnya berdampak baik untuk kepentingan masyarakat Jember, khususnya produk lokal Jember yang selalu dipromosikan dalam setiap pameran.

"Tindak lanjut dari setiap pameran, pelaku usaha produk lokal Jember selalu menemukan pasar baru di beberapa daerah yang dikunjungi," tuturnya.

Setiap kali pameran, lanjut dia, rombongan Jember selalu menjadi perhatian pengunjung dan produk lokal yang dipamerkan pun habis terjual karena dikemas semenarik mungkin oleh tim khusus dari Bagian Perekonomian Pemkab Jember.

"Tropi sebagai juara terbaik pada pameran yang dibuka Menteri Koperasi itu sudah diterima Kabag Perekonomian Pemkab Jember Slamet Sugianto yang sudah saya tugaskan untuk ke sana," katanya.

Sementara Kepala Bagian Perekonomian Pemkab Jember Slamet Sugianto mengatakan perolahan juara itu tidak lepas dari visi dan arahan langsung dari Bupati Jember dengan memprioritaskan Jember dengan "4C"nya.

"Andilnya pelaku UKM dalam pameran itu juga menjadi kunci keberhasilan karena UKM sendiri yang mengerti tentang keunggulan produknya, sehingga mampu menjelaskan produknya dengan baik," tuturnya.

Ia mengatakan Pemkab Jember membawa perajin batik dan barista dalam pameran Hari Koperasi Nasional, sehingga respon masyarakat yang datang ke pameran Jember sangat baik karena terbukti dengan habisnya produk lokal dan banyaknya suplier yang menginginkan produk Jember.

"Respon masyarakat sangat luar biasa, bahkan banyak suplier yang meminta narahubung sejumlah UKM untuk mendatangkan produk Jember ke wilayahnya," katanya.(*)

Pewarta: Zumrotun Solichah

Editor : Chandra Hamdani Noer


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2019