Sejumlah tokoh agama di Kabupaten Situbondo, Jawa Timur, menyampaikan ucapan selamat atas terselenggaranya Pemilu serentak 2019 dan hasil rekapitulasi KPU RI yang memenangkan Pasangan Capres-Cawapres nomor urut 01 Joko Widodo dan KH Ma'ruf Amin.

Ketua MUI Kabupaten Situbondo, Jawa Timur, KH Saiful Muhyi mengatakan pasangan calon presiden Jokowi-KH Ma'ruf Amin yang telah dinyatakan menang oleh KPU, diharapkan ke depan dalam menjalankan tugas kenegaraan akan lebih lagi dari tahun-tahun sebelumnya.

"Kepada masyarakat Bangsa Indonesia, khususnya di Situbondo dan Jawa Timur, agar tetap bersatu kembali merajut persatuan dan kesatuan, kerukunan dan kenyamanan, terlebih di bulan Ramadhan, mati kita perangi hawa nafsu, hilangkan kepentingan-kepentingan pribadi dan ambisi pribadi. Semoga Allah selalu memberikan hidayah dan pertolongan kepada kita semua," kata Kiai Muhyi.

Ia mengajak seluruh masyarakat untuk tetap memelihara Negara Kesatuan Republik Indonesia berdasarkan Pancasial dab Bhinneka Tunggal Ika serta UUD 1945.

Hal senada juga disampaikan oleh Ketua Muhammadiyah Kabupaten Situbondo, Drs Syamsuri mengucapkan selamat atas terpilihnya pasangan calon presiden nomor urut 01 Joko Widodo-KH Ma'ruf Amin.

"Saya juga ucapkan selamat kepada caleg terpilih seluruh Indonesia. Mari kita kembali menjalin silaturahim dan menjaga kesatuan dan persatuan Bangsa Indonesia, menjaga keamanan dan kenyamanan. Dan mari bersama-sama menata masa depan bagaimana bangsa ini menjadi negara yang baldatun thayyibatun wa rabbun ghafur," tuturnya.

Sementara itu Ketua Forum Kerukunan Umat Beragama Situbondo, KH Yusron Sofrowi menyerukan kepada seluruh elemen masyarakat khususnya di Situbondo, agar menghormati hasil Pemilu 2019.

"Saya juga mengucapkan selamat kepada pasangan calon presiden nomor urut 01 Joko Widodo-KH Ma'ruf Amin yang telah ditetapkan oleh KPU RI sebagai pemenang. Dan kami berharap keoada masyarakat agar menghormati keputusan KPU RI maupun Mahkamah Konstitusi  (MK), karena kita sebagai warga negara harus tunduk pada aturan dan undang undang sebagai konstitusi yang telah disepakati, dan insya Allah kalau kita menghormati dan menerima, Indonesia ke depan akan lebih baik dan berdemokrasi dengan baik serta kesejahteraan akan terasa di tengah-tengah masyarakat," katanya.

Sedangkan  Wakil Ketua Komisi II DPRD Situbondo Fraksi Partai Demokrat, Hadi Priyanto juga mengucapkan selamat kepada pasangan calon presiden nomor 01 Jokowi-KH Ma'ruf Amin atas ditetapkannya oleh KPU RI sebagai pasangan calon terpilih pada Pemilu 2019.

"Selanjutnya kita berdamai, pemilu sudah usai dan mari kembali melaksanakan amanah rakyat. Untuk pasangan calon presiden terpilih (Jokowi-Ma'ruf Amin) diharapkan berbenah memajukan bangsa, dan kami sebagai wakil rakyat juga kembali ke tugas pokok fungsi untuk mengabdi kepada masyarakat," ujarnya. (*)

Pewarta: Novi Husdinariyanto

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2019