Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Pamekasan, Jawa Timur Moh Hamzah menyatakan, distribusi logistik pemilu 17 April 2019 akan dilakukan mulai H-7 hingga H-5 pelaksanaan pemungutan suara.

"Pendistribusian akan dimulai dari wilayah terjauh, seperti Kecamatan Batumarmar, Pasen dan Kecamatan Waru," kata Hamzah kepada Antara di Pamekasan, Selasa.

Ia menjelaskan, pendistribusian akan dilakukan KPU Pamekasan dari gudang penyimpanan logistik ke panitia pemilihan kecamatan (PPK) yang tersebar di 13 kecamatan di Kabupaten Pamekasan.

Selanjutnya pihak PPK akan terlebih dahulu melakukan pemilihan sesuai dengan kebutuhan masing-masing desa yang didasarkan pada jumlah tempat pemungutan suara (TPS) yang ada di desa.

Setelah dilakukan pemilihan oleh PPK selanjutnya PPK mendistribusikan ke masing-masing desa yang ada di wilayah kecamatan tersebut.

"Target kami, H-1 logistik sudah sampai ke masing-masing TPS dan setiap pendistribusian akan dikawal ketat aparat keamanan," katanya, menjelaskan.

Jenis logistik pemilu yang didistribusikan itu meliputi bilik suara, kotak suara, surat suara dan berbagai jenis kelengkapan lainnya.

Menurut Ketua KPU Moh Hamzah, saat ini pihaknya juga masih menunggu pengganti surat suara rusak untuk surat suara yang akan digunakan KPU Pamekasan. 

"Ada sekitar seribuan surat suara yang rusak dan telah kami laporkan ke KPU pusat melalui KPU Jawa Timur," kata Hamzah.

Selanjutnya, KPU pusat nantinya akan meminta kepada perusahaan percetakan untuk mengganti surat suara yang rusak tersebut, tapi hingga kini belum datang.

Pemilu 17 April 2019 di Kabupaten Pamekasan akan digelar di 3.133 tempat pemungutan suara (TPS) di 178 desa dan 11 kelurahan di 13 kecamatan. (*)

Pewarta: Abd Aziz

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2019