Badan Pengawas Pemilu menyosialisasikan pengawasan partisipatif di kalangan mahasiswa  Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jawa Timur di Kota Surabaya, Rabu.

Anggota Bawaslu Kota Surabaya, M. Agil Akbar mengatakan, acara sosialisasi dalam bentuk Bawaslu "Goes To Campus" ini merupakan upaya Bawaslu bekerja sama dengan Perguruan Tinggi untuk meningkatkan pengawasan partisipatif Pemilu 2019 di kalangan Mahasiswa.

"Mahasiswa elemen yang penting dalam suksesnya Pemilu 2019. Pengawasan partisipatif dari mereka akan sangat berpengaruh jalannya pemilu yang adil dan damai," kata M. Agil saat memberikan sosialisasi di Gedung Rektorat UPN Veteran Jatim.

Selain itu, ia juga berharap dengan adanya sosialisasi ini, partisipasi dalam Pemilu 2019 khususnya di dunia mahasiswa meningkat.

Selain UPN Veteran Jawa Timur, lanjut dia, Bawaslu Surabaya juga akan menggelar sosialisasi
di beberapa perguruan tinggi di Surabaya.

Selain kegiatan "Goes To Campus", Bawaslu Surabaya juga menggelar  #Bawaslusby_fest_2019 yang digelar selama Maret 2019 dan "Ngopi Bareng Bawaslu" digelar pekan ketiga Maret.

Untuk agenda Ngopi Bareng, lanjut dia, pihaknya menggagas kampung pengawasan di lima wilayah Surabaya secara administratif.  Selain itu, agenda Bawaslu yang lain berupa apel akbar Bawaslu Surabaya yang akan dilaksanakan pada pekan pertama April.

"Agenda tersebut memang bagian pengembangan pengawasan partisipatif. Tanpa melupakan tugas utama melakukan pengawasan semua tahapan Pemilu 2019," katanya.

Agil mengatakan salah satu pengawasan yang terus dilakukan bersama Satpol PP adalah melakukan penertiban alat peraga kampanye (APK) milik para caleg baik DPR RI, DPRD Jatim dan DPRD Surabaya yang dianggap melanggar aturan. (*)

Pewarta: Abdul Hakim

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2019