Blitar (Antaranews Jatim) - Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Ketenagakerjaan Cabang Blitar ikut berpartisipasi dalam kegiatan Polisi Jumat Bersama Beribadah (Pos Jumrah) yang diadakan Kepolisian Resor Blitar setiap hari Jumat.

Partisipasi dan dukungan tersebut merupakan wujud dari sinergitas antara BPJS  Ketenagakerjaan dengan kepolisian di wilayah kerjanya.

Kepala Kantor BPJS Ketenagakerjaan Cabang Blitar Arie Fianto di Blitar, Selasa, mengatakan, sinergitas tersebut bertujuan memberikan pelayanan kepada masyarakat tentang manfaat BPJS Ketenagakerjaan, yang meliputi program Jaminan Hari Tua, Jaminan Kematian, Jaminan Kecelakaan Kerja, dan Jaminan Pensiun.

“Dengan hadirnya kegiatan Pos Jumrah ini, BPJS Ketenagakerjaan ikut berpartisipasi dalam memberikan pelayanan terkait manfaat program BPJS Ketenagakerjaan” ujarnya.

Arie mengatakan, pelayanan BPJS Ketenagakerjaan diberikan agar masyarakat lebih memahami tentang risiko-risiko yang terjadi dalam bekerja, risiko kematian adalah risiko yang pasti terjadi. Kemudian, Jaminan Kematian memberikan manfaat berupa uang tunai yang diberikan kepada ahli waris sebesar Rp24 juta.

Ditemui terpisah, Kapolres Blitar AKBP Anisullah M Ridha mengatakan jika kegiatan Pos Jumrah merupakan yang pertama dan satu-satunya yang dilakukan kepolisian di wilayah Jawa Timur.  

Kegiatan tersebut merupakan agenda rutin yang dilaksanakan setiap Jumat di berbagai desa di Kabupaten Blitar. Kegiatan serupa juga telah digelar di Masjid Al Ikhlas di Desa Sragi, Masjid Al Mutaqim di Desa Tumpak Oyot dan Masjid Baiturrohman di Desa Bumiayu.

Kegiatan yang sudah berlangsung selama sekitar sepuluh bulan itu bertujuan menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat di Kabupaten Blitar, selain juga untuk lebih mendekatkan pelayanan kepada masyarakat. 

Alasan kenapa dipilih hari Jumat, Kapolres mengatakan bahwa masyarakat Blitar yang mayoritas muslim banyak yang berkumpul di masjid pada hari tersebut untuk beribadah tanpa harus ada undangan. 

Berbagai layanan masyarakat dari pihak kepolisian digelar pada kegiatan itu, seperti layanan perpanjangan SIM, STNK, pengaduan hingga adanya buku bacaan untuk anak-anak.

“Kegiatan ini adalah wujud hadirnya negara untuk masyarakat, sehingga fungsi dan tugas setiap instansi pemerintah bisa dirasakan oleh masyarakat,” kata Kapolres. (*)

Pewarta: Irfan Anshori

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2019