Pamekasan (Antaranews Jatim) - Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Komisariat IAIN Madura menyerahkan bantuan hasil penggalangan dana yang dilakuian para aktivis organisasi mahasiswa Islam itu kepada korban tsunami Selat Sunda, melalui Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Pamekasan, Kamis.

"Nilai total dana hasil penggalangan dana yang kami serahkan untuk korban tsunami melalui Baznas Pamekasan ini sebesar Rp7.300.000," kata Ketua HMI Komisariat IAIN Madura Abdul Adzin.

Ia menjelaskan, dana sebesar itu merupakan hasil penggalangan selama dua hari, yakni pada tanggal 30 hingga 31 Desember 2018 oleh para anggota dan Pengurus HMI Komisariat IAIN Madura.

Penggalangan dilakukan di sejumlah titik di dalam Kota Pamekasan. Antara lain di Jalan Raya Jokotole atau di depan kantor Perpustakaan Umum Pemkab Pamekasan dan di sekitar area Monumen Arek Lancor, Pamekasan.

Penyerahan bantuan untuk korban tsunami Selat Sunda itu, diterima langsung oleh Ketua Baznas Pamekasan KH Fadli Fazali di kantor Baznas Pamekasan.

Bantuan ini, selanjutnya akan disampaikan oleh Baznas Pamekasan kepada para korban tsunami melalui Baznas Banten.

"Terima kasih atas kepedulian HMI Komisariat IAIN Madura. Saya bangga dengan adik-adik HMI IAIN Madura ini, karena memiliki kepekaan sosial dan peduli pada saudara-saudara kita yang sedang tertimpa musibah," kata Gazali.

Mantan Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Pamekasan ini lebih lanjut menjelaskan, penyaluran bantuan hasil sumbangan masyarakat Pamekasan melalui Baznas Pamekasan ini selanjutnya akan dikoordinasi dengan instansi lain di Pamekasan yang juga menerima penyaluran bantuan dari kelompok masyarakat.

Selain HMI kelompok organisasi pemuda lainnya yang juga melakukan aksi penggalangan dana untuk korban bencana alam tsunami di Selat Sunda adalah pemuda pecinta alam Pamekasan. (*)

Pewarta: Abd Aziz

Editor : Tunggul Susilo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2019