Malang (Antaranews Jatim) - Festival tahunan Pesona Gondanglegi di Kabupaten Malang, Jawa Timur, dinilai mampu mengembangkan potensi budaya lokal yang ada di wilayah tersebut, guna mendorong sektor pariwisata Kabupaten Malang.

Wakil Bupati Malang Sanusi mengatakan bahwa dengan momentum penyelenggaraan Festival Pesona Gondanglegi tersebut, para pemangku kepentingan yang ada diharapkan bisa mendukung dan membina masyarakat dalam mengembangkan sektor pariwisata di Kabupaten Malang.

"Kepada peserta dan juga Panitia Pesona Gondanglegi teruslah berupaya mengembangkan potensi budaya lokal, dengan berinovasi guna memberikan tontonan yang menarik dan menghibur bagi masyarakat," kata Sanusi, di Stadion Tawang Sari, Kecamatan Gondanglegi, Kabupaten Malang, Kamis.

Dalam festival yang sudah dimulai sejak 2011 tersebut, para peserta menampilkan berbagai atraksi dengan menggunakan kostum pawai yang menarik, dan menyuguhkan kebudayaan lokal. Beberapa diantaranya menampilkan budaya khas Madura, Sekera, dan juga tokoh-tokoh pewayangan.

Sanusi menambahkan, kebersamaan dan semangat partisipasi masyarakat Gondanglegi diharapkan bisa dipertahankan, terutama dalam mendukung Pemerintah Kabupaten Malang, untuk mengembangkan sektor pariwisata yang ada.

Pemerintah Kecamatan Gondanglegi, dinas terkait, serta para stakeholder, pemerhati pariwisata dan kebudayaan Kabupaten Malang diminta untuk selalu memberikan dukungan dan membina masyarakat dalam mengembangkan kepariwisataan di Kabupaten Malang.

Dalam kesempatan itu, Ketua Penyelenggara Pesona Gondanglegi Tahun 2018 Sigit Hariono, penyelenggaraan Festival Pesona Gondanglegi tersebut diharapkan bisa menjadi wadah bagi generasi penerus bangsa dalam mengembangkan budaya tradisional.

"Mudah-mudahan kegiatan ini bisa menjadi wadah khususnya bagi para generasi penerus bangsa untuk mengembangkan budaya tradisional yang menjadi ciri khas Gondanglegi," tutup Sigit.(*)

Pewarta: Vicki Febrianto

Editor : Tunggul Susilo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2018