Tulungagung (Antaranews Jatim) - Pemerintah Kabupaten Tulungagung melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata setempat menyelenggarakan Lomba Makanan Khas Daerah dengan melibatkan puluhan pelaku usaha pariwisata bidang makanan dan minuman di daerah itu, serta perwakilan desa/kecamatan.
    
Kegiatan lomba makanan itu digelar pada Senin (3/12) bertempat di halaman GOR Lembupeteng, jalan Soekarno-Hatta No 1 Tulungagung.
    
Total ada 19 perwakilan kecamatan dan delapan anggota Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) yang terlibat dalam acara tersebut.
    
Mereka masing-masing membuat "stand" pameran untuk memajang makanan yang dilombakan, dimana tim juri berkeliling menilai menilai kemasan dan mencicipi setiap produk kuliner yang dipajang.
    
"Lomba ini digelar dengan tujuan untuk meningkatkan kreativitas pelaku usaha pariwisata bidang makanan dan minuman khususnya dalam penyediaan makanan khas daerah yang menarik," kata Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Tulungagung Heru Santoso.
    
Diharapkan, lomba menu kuliner khas daerah itu bisa menstimulasi para pelaku usaha maupun daerah objek wisata untuk lebih merawat dan kreatif memproduksi penganan khas lokal masing-masing.
    
Selain itu, juga dapat dijadikan daya tarik wisata kuliner bagi masyarakat, wisatawan nusantara maupun mancanegara.
    
Lebih lanjut Heru Santoso menjelaskan, lomba sajian pengananan dan minuman khas daerah itu bertujuan memfasilitasi dalam rangka mempromosikan makanan khas daerah Tulungagung untuk meningkatkan kunjungan wisatawan.
    
"Selain itu kami ingin menciptakan hidangan/menu yang dapat dijadikan ikon oleh daerah sehingga makanan dan minuman khas Tulungagung dikenal oleh masyarakat luas maupun mancanegara," ujarnya.
    
Kegiatan lomba sajian makanan dan minuman khas daerah saat itu dibuka oleh Heru Santoso selaku Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Tulungagung.
    
Heru kemudian membacakan sambutan tertulis dari Plt Bupati Maryoto Bhirowo dan menyampaikan rasa terima kasih atas terselenggaranya kegiatan ini kepada semua pihak yang telah membantu dan melaksanakan kegiatan tersebut.
    
Ditegaskan, Pemerintah Daerah Tulungagung sangat berharap dari lomba makanan khas daerah tahun 2018 bisa menjadi ajang promosi kuliner setempat sehingga dapat meningkatkan kunjungan wisatawan sekaligus memperkenalkan pariwisata Kota Marmer itu ke tingkat nasional dan regional. (*)

 

Pewarta: Destyan H. Sujarwoko

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2018