Surabaya (Antaranews Jatim) - Kepolisian Daerah (Polda) Jawa Timur memberikan penghargaan kepada Pemerintah Kabupaten Gresik atas dedikasinya dalam membantu peningkatan kinerja Polri di sela upacara bendera HUT RI ke-73 di Mapolda Jatim di Surabaya, Jumat.

Penghargaan diberikan langsung oleh Wakapolda Jatim Brigjen Pol Widodo Eko Prihastopo kepada Bupati Gresik Sambari Halim Radianto dan juga kepada Ketua DPRD Jatim Ir Abdul Hamid.

Wakapolda Brigjen Pol Widodo mengatakan kedua pejabat Gresik selaku eksekutif telah memberikan sumbangan nyata dan darma bhakti kepada organisasi Polri, berupa keputusan pemberian lahan sebanyak 3 hektare kepada Polres Gresik.

"Lahan itu untuk pembangunan markas yang baru nanti dan telah disahkan oleh DPRD. Juga bantuan berupa dana pembangunan Rp35 miliar," kata Widodo.

Bantuan pemerintah daerah kepada institusi Polri, lanjut Widodo merupakan bentuk nyata sinergitas antara Polri dan pemerintah daerah sebagaimana yang dikatakan Kapolri Jenderal Tito Karnavian.

"Tanpa dukungan para pimpinan daerah, TNI, pemerintah daerah, dan sebagainya, kita gak mungkin sukses menjalankan tugas sebagai anggota Polri," ujarnya.

Selain itu, pada kesempatan yang sama Polda Jatim juga memberikan penghargaan kepada tiga polres yakni Polres Banyuwangi, Polres Kabupaten Mojokerto dan Polres Kabupaten Pasuruan terkait kepatuhan dalam menerima Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN).

Kapolres Banyuwangi, AKBP Donny Adityawarman mengatakan penghargaan kepatuhan LHKPN ini merupakan hasil dari kewajiban dalam menerima wajib lapor LHKPN di masing-masing Polres.

"Ditargetkan 60 wajib lapor di tiap Polres. Namun kami dari tiga Polres dari yang pertama Banyuwangi, kedua Mojokerto Kabupaten dan ketiga Pasuruan Kabupaten merupakan yang tercepat dan terlengkap," kata AKBP Donny didampingi AKBP Leonardus dan AKBP Raydian.

Laporan tersebut dipantau langsung oleh Polda Jatim. Selanjutnya, LHKPN dari Polres melalui Polda Jatim dilaporkan lebih lanjut pada Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) guna mendukung transparansi dan mewujudkan Indonesia bebas korupsi.

Polda Jatim juga memberikan penghargaan bagi lima anggota Polsek Lawang, Polres Malang yakni Ipda Saifullah, Aiptu Eddy Kristia Budi, Aiptu M Zulhardi, Bripka Indra Setiawan dan Brigadir Agus Dwiyono atas keberhasilan mereka menangkap terduga teroris.(*)

Pewarta: Willy Irawan

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2018