Probolinggo (Antaranews Jatim) - Jumlah pemilih tetap di Kabupaten Probolinggo untuk Pilkada Jawa Timur dan Pilkada Probolinggo sebanyak 845.901 orang yang ditetapkan dalam rapat pleno terbuka di pendapa KPU Kabupaten Probolinggo, Rabu sore.

Ketua KPU Kabupaten Probolinggo Muhammad Zubaidi mengatakan rapat pleno tersebut telah menetapkan jumlah daftar pemilih tetap (DPT) dalam Pilkada Jawa Timur dan Pilkada Kabupaten Probolinggo tahun 2018 yakni sebanyak 845.901 pemilih yang terdiri jumlah pemilih laki-laki sebanyak 409.597 orang dan pemilih perempuan sebanyak 436.304 orang.

"Penetapan DPT Pilkada serentak itu setelah dilakukan perbaikan daftar pemilih sementara (DPS) dan digelar rapat pleno mulai tingkat Panitia Pemungutan Suara (PPS), Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) hingga tingkat KPU Kabupaten Probolinggo," katanya di Probolinggo.

Dari hasil daftar pemilih sementara hasil perbaikan (DPSHP), lanjut dia, jumlah pemilih baru sebanyak 2.780 pemilih yang terdiri dari laki-laki sebanyak 1.415 orang dan perempuan 1.365 orang.

"Sedangkan jumlah pemilih yang tidak memenuhi syarat sebanyak 14.103 pemilih yang terdiri dari 7.048 laki laki dan 7.055 perempuan. Kemudian pemilih yang mengalami perubahan data sebanyak 3.059 pemilih," tuturnya.

Menurutnya jumlah pemilih Pilkada Jatim dan Pilkada Probolinggo yang ditetapkan tersebut lebih sedikit dibandingkan jumlah pemilih saat penetapan DPS yang mencapai 857.224 orang yang terdiri dari 415.230 pemilih laki laki dan 441.994 pemilih perempuan.

"Dalam rapat pleno itu, PPK membacakan DPSHP di tingkat kecamatan yang meliputi jumlah desa, jumlah tempat pemungutan suara, jumlah DPS, jumlah pemilih baru dan sebagainya, kemudian KPU melakukan rekap dan memasukkan data pada formulir A.3.3-KWK," katanya.

Pilkada Jawa Timur diikuti dua pasangan calon yakni Khofifah Indar Parawansa - Emil E. Dardak dengan nomor urut 1 dan pasangan Saifullah Yusuf (Gus Ipul) - Puti Guntur Soekarno dengan nomor urut 2.

Sementara Pilkada Probolinggo diikuti dua pasangan calon bupati dan wakil bupati yakni pasangan petahana Puput Tantriana Sari-Timbul Prihanjoko dan pasangan Abdul Malik Haramain - H Muhammad Muzayyan.(*)

Pewarta: Zumrotun Solichah

Editor : Tunggul Susilo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2018