Kediri (Antaranews Jatim) - Pejabat Sementara Wali Kota Kediri Jumadi menegaskan perjuangan dari tokoh perempuan Raden Ajeng Kartini harus terus diteladani oleh para perempuan sekarang ini, sehingga mereka bisa tetap berdaya.

"Penting sekali perjuangan seorang Kartini ini diteladani'`Kartini zaman now'," katanya di Kediri, Jawa Timur, Rabu.

Pemerintah kota mengadakan seminar bertajuk "Kartini zaman now dan tantangannya" memperingati Hari Kartini. pada 2018. Jumadi menegaskan, Pemerintah Kota Kediri, juga mengalami perkembangan yang luar biasa dalam pembangunan gender. Dari seluruh pejabat struktural di lingkungan Pemkot Kediri, sebayak 35 persen diduduki oleh wanita.

"Kota Kediri telah mengikuti pengarusutamaan gender. Dipegang oleh para ibu-ibu yang bijaksana dan memiliki kearifan lokal saya yakin Kota Kediri memiliki 'performance' yang luar biasa," katanya.

Ia juga mengatakan, pemerintah kota memiliki catatan penting, dimana kota ini memiliki performance yang luar biasa. Menurut dia, hal tersebut tidak terlepas dari "Empowering" wanita di Kota Kediri, angka pengangguran di Kota Kediri yang berada di angka 8 persen saat ini turun di angka 4 persen.

"Ini sungguh penurunan yang luar biasa. Kota ini memiliki manajemen yang baik dan sudah mengikuti pengarusutamaan gender sehingga Performancenya luar biasa," katanya.

Pjs Wali Kota yang juga menjabat sebagai Kepala BPKA Provinsi Jawa Timur ini juga mengatakan, ada empat hal yang harus dimiliki oleh "Kartini jaman now". Pertama adalah harus melek teknologi, kedua harus tetap menjaga silaturahmi di tengah kemajuan teknologi, ketiga terbebas dari pengaruh narkoba dan yang keempat pandai menyikapi berita hoaks.

Acara tersebut diikuti 250 orang dari GOW. Sejumlah pejabat ikut acara itu, di antaranya Sekretaris Daerah Kota Kediri Budwi Sunu, Staf Ahli Bidang Kemasyarakatan dan SDM Hero Nusanto, Pjs Ketua TP PKK Kota Kediri Mimin Jumadi, dan perwakilan dari Gabungan Organisasi Wanita (GOW).

Para peserta juga mengenakan baju unik, yaitu kebaya lengkap. Pakaian itu dikenakan sesuai dengan tema, yaitu peringatan Hari Kartini 2018. Kegiatan dikemas dengan acara seminar di Balai Kota Kediri. (*)

Pewarta: Asmaul Chusna

Editor : Chandra Hamdani Noer


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2018