Situbondo (Antaranews Jatim) - Dinas Pariwisata dan Pemuda Olahraga Kabupaten Situbondo, Jawa Timur, mencatat jumlah pengunjung Wisata Bahari Pasir Putih selama tahun 2017 mencapai 378.000 orang.

"Dari data kami, memang objek Wisata Bahari Pasir Putih, Desa Pasir Putih, Kecamatan Bungatan, menjadi tujuan wisata favorit bagi wisatawan lokal maupun mancanegara, hingga jumlah pengunjung mencapai 378 ribu orang," ujar Kepala Dinas Pariwisata dan Pemuda Olahraga Pemkab Situbondo, Sofwan Hadi di Situbondo, Selasa.

Selain objek Wisata Bahari Wisata Pasir Putih, jumlah pengunjung wisata terbanyak kedua pada 2017 yaitu Taman Nasional Baluran dan wisatawan yang datang ke wisata alam itu mencapai 86 ribu pengunjung.

Sedangkan objek wisata yang paling sedikit pengunjungnya, katanya, adalah puncak Rengganis, Gunung Argopuro, selama satu tahun wisawatan yang datang ke destinasi pegunungan itu 235 orang.

"Untuk meningkatkan kunjungan wisata di puncak Rengganis, Gunung Argopuro, kami akan terus melakukan kegiatan-kegiatan yang dapat menarik minat wisatawan berkunjung, seperti kegiatan "Trail Jelajah Wisata" yang dilaksanakan beberapa waktu lalu dan kegiatan lainnya," katanya.

Sofwan mengemukakan, untuk mengklasifikasikan jumlah pengunjung lokal maupun wisatawan mancanegara, selanjutnya akan dilakukan atau menghitung secara rinci.

"Tahun ini akan kami persiapkan klasifikasi pengunjung lokal dan mancanegara. Dan yang jelas jumlah pengunjung wisata tahun 2017 sudah melebihi target dari 400 ribu tercapai 427 ribu orang pengunjung," katanya. (*)

Pewarta: Novi Husdinariyanto

Editor : Tunggul Susilo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2018