Jember (Antaranews Jatim) - Pemerintah Kabupaten Jember, Jawa Timur belum menyalurkan bantuan sosial beras sejahtera (bansos rastra) untuk alokasi bulan Februari dan Maret 2018 karena ada verifikasi dan validasi data penerima bansos tersebut.

"Bansos rastra secepatnya akan didistribusikan kepada keluarga penerima manfaat, namun masih ada perbaikan data di lapangan," kata Kepala Dinas Sosial Jember Isnaini Dwi Susanti di Jember, Rabu.

Menurutnya validasi dan verifikasi data dilakukan karena beberapa waktu lalu ada warga yang mengembalikan bansos rastra tersebut kepada Pemkab Jember karena merasa sudah mampu dan tidak layak menerima bantuan tersebut.

"Kami tidak ingin kejadian serupa terjadi kembali pada penyaluran bansos rastra di bulan selanjutnya, sehingga perlu dilakukan verifikasi dan validasi data karena data keluarga penerima manfaat bansos tersebut berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) tahun 2011," katanya.

Ia berjanji akan menyalurkan bansos rastra tersebut dalam waktu dekat, namun untuk kepastiannya pihak Dinsos masih akan melakukan koordinasi dengan pihak Bulog Jember sebagai pihak yang menyalurkan bansos rastra tersebut.

Jumlah penerima bansos rastra sebanyak 178.350 keluarga penerima manfaat (KPM) dengan masing-masing penerima mendapat jatah beras sebanyak 10 kilogram yang tersebar di 31 kecamatan di Kabupaten Jember.

Sementara Wakil Kepala Bulog Subdivre XI Jember Dwiana Puspita Sari mengatakan pihak Bulog sudah siap menyalurkan bansos rastra kapanpun karena alokasi jatah beras sudah disiapkan oleh petugas.

"Sebenarnya kami sudah menerima surat perintah alokasi (SPA) untuk menyalurkan bansos rastra, namun Bulog juga masih menunggu informasi lebih lanjut dari Dinas Sosial untuk penyaluran bansos tersebut," tuturnya.

Ia berharap penyaluran bansos rastra bisa dilaksanakan secepatnya di Kabupaten Jember dan penyaluran tersebut diharapkan dapat menekan tingginya harga beras di pasaran karena tingginya harga beras menjadi faktor utama penyebab laju inflasi selama beberapa bulan terakhir.

"Berdasarkan rapat terbatas sejumlah menteri dan Bulog pusat beberapa waktu lalu menyepakati untuk percepatan penyaluran rastra, sehingga kami juga berharap bansos rastra di Jember juga segera disalurkan," katanya.

Pewarta: Zumrotun Solichah

Editor : Chandra Hamdani Noer


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2018