Bondowoso (Antaranews Jatim) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur, akan segera memvalidasi atau melakukan pencocokan dan penelitian data daftar penduduk potensial pemilih pemilu (DP4).

"Pencocokan dan penelitian data DP4 ini akan dilakukan secara serentak di 23 kecamatan yang tersebar di Kabupaten Bondowoso, mulai 20 Januari hingga 18 Februari 2018," ujar Ketua KPU Kabupaten Bondowoso Hairul Anam di Bondowoso, Kamis.

Ia mengatakan, petugas pemutakhiran data pemilih atau PPDP nantinya selain melakukan pencocokan dan penelitian data DP4 juga memberikan sosialisasi kepemiluan kepada pemilih.

"Akan disampaikan secara singkat melalui pamflet yang berisi tahapan Pilkada sampai dengan hari pencoblosan," katanya.

Hairul Anam menyebutkan, data pemilih sementara atau DPS di Kabupaten Bondowoso tercatat berjumlah 609.814 pemilih, yang terdiri atas 300.339 pemilih laki-laki dan 309.475 pemilih perempuan.

"Data ini merupakan hasil sinkronisasi antara daftar pemilih tetap (DPT) pada pemilu legislatif 2014 dengan data DP4. Jumlah data pemilih ini bisa berkurang bisa juga bertambah," ucapnya.

Ia menambahkan, untuk pencocokan dan penelitian warga binaan atau penghuni rumah tahanan dan lembaga pemasyarakatan, petugas PPDP akan melakukan pencocokan sesuai dengan KTP elektronik mereka.

"Sehingga ketika hari pencoblosan warga binaan akan menggunakan formulir A5 atau form pindah pilih," katanya. (*)

Pewarta: Novi Husdinariyanto

Editor : Tunggul Susilo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2018