Malang (Antaranews Jatim) - Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan (IKIP) Budi Utomo atau "IBU" Malang bulan ini akan menggelar Pekan Budaya Nusantara yang menampilkan berbagai budaya dari mahasiswa-mahasiswi yang menempuh pendidikan tinggi di kampus setempat.

Rektor IKIP Budi Utomo Malang Dr Nurcholis Sunuyeko di Malang, Jawa Timur, Selasa, mengatakan dalam perhelatan pekan budaya itu nanti, mahasiswa peserta wajib menampilkan budaya dari luar daerahnya.

"Misalnya, mahasiswa dari Jawa harus bisa menampilkan budaya dari Nusa Tenggara Timur (NTT) atau sebaliknya, bahkan budaya dari daerah lainnya. Artinya, mereka tidak boleh membawakan budaya daerah asalnya, harus ada pertukaran," ujarnya.

Ia mengemukakan Pekan Budaya itu nanti akan dilaksanakan oleh Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) IBU. "Kami berharap ajang ini semakin mengukuhkan IBU sebagai kampus miniatur nusantara karena hampir seluruh perwakilan daerah di Indonesia ada di kampus ini," tuturnya.

Sebelumnya, Rektor IBU tersebut memberikan kejutan bagi mahasiswa-mahasiswinya dengan menggelar panggung hiburan pada malam pergantian tahun. Kegiatan yang bertajuk "IBU Reborn" tersebut, selain diisi dengan musik bergenre reggae, juga ditampilkan seni budaya asli Indonesia dari berbagai daerah di Tanah Air.

Nurcholis berharap kejutan yang diberikan pada mahasiswa dan mahasiswinya itu menjadi momentum titik balik bagi seluruh elemen kampus agar bisa belajar lebih baik lagi dan meningkatkan kualitas dari sisi manapun, baik kualitas pembelajaran, kegiatan kemahasiswaan dan lainnya.

Pada malam pergantian tahun tersebut, sajian acara justru sarat dengan sentuhan budaya Indonesia yang disuguhkan melalui tarian daerah yang dibawakan oleh para mahasiswa IBU, seperti tarian dari Sumba dan daerah lainnya.

Ia juga berharap BEM IBU bisa membuat para mahasiswa kampus itu lebih cinta kepada kampusnya dengan harapan mahasiswa IBU tidak melakukan kegiatan atau tindakan yang kontraproduktif dari tujuan besar bersama civitas akademika IBU.

"Semoga panggung hiburan yang menampilkan budaya dari berbagai daerah di Tanah Air ini bisa menjadi tradisi tahunan dan acara reguler di IKIP Budi Utomo," katanya.

Pada kesempatan itu Nurcholis juga menyampaikan informasi menggembirakan. "Pada awal tahun ini. Kampus IBU masuk menjadi salah satu dari lima perguruan tinggi swasta yang kualitasnya tidak kalah dengan perguruan tinggi negeri," ucapnya.(*)

Pewarta: Endang Sukarelawati

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2018