Banyuwangi (Antara Jatim) - Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana (BKKBN) mensosialisasikan "Komunikasi Informasi dan Edukasi (KIE) Kreatif" kepada ratusan anggota Muslimat di Banyuwangi, tujuannya untuk mengurangi angka pernikahan di usia dini. 

Kepala Perwakilan BKKBN Jawa Timur Yenrizal Makmur dalam keterangan persnya mengatakan, program KIE Kreatif adalah salah satu metode yang dilakukan dalam mensosialisasikan program-program BKKBN kepada masyarakat. 

“Kegiatan seperti ini dilakukan setiap tahun, tujuannya agar masyarakat mengetahui program-program kita (BKKBN)," katanya, usai sosialisasi yang diselenggarakan di Pondok Pesantren Ibrahim Desa Jalen Kecamatan Genteng.

 Ia mengungkap mengatakan Jawa Timur saat menjadi provinsi yang paling tinggi mencatatkan angka perkawinan anak. “Pengurangan Angka Fertilitas sudah sesuai target, yang belum angka pernikahan usia dini,” tambah Yenrizal. 

Berkaitan dengan hal tersebut, Anggota DPR RI Komisi IX Nihayatul Wafiroh menyampaikan pentingnya masyarakat, terutama perempuan, untuk merencanakan rumah tangga yang berkualitas, karena pernikahan anak juga berkaitan erat dengan peran orang tua. 

“Ibu-ibu harus banyak belajar dari kegiatan seperti ini, supaya bisa merencanakan keluarga berkualitas,” kata Nihaya.

Anggota DPR RI Dapil III Jawa Timur ini menuturkan untuk menghadapi bonus demografi Indonesia, diperlukan anak-anak yang berkualitas. “Anak-anak berkualitas lahir dari keluarga yang berkualitas,” sambungnya.

Kepala OPDKB Banyuwangi M Pua Jiwa memaparkan bahwa pelaksanaan keluarga berencana di Banyuwangi terus mengalami peningkatan. Saat ini, sekitar 72 persen keluarga sudah mengikuti program tersebut.

“Kita harus menyiapkan generasi yang unggul dan hebat untuk menghadapi dunia yang berbeda dari saat ini,” katanya.

Untuk diketahui, kegiatan tersebut dihadiri oleh Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Jawa Timur Yenrizal Makmur, SP, MM, Kepala Organisasi Perangkat Daerah Keluarga Berencana (OPDKB) Kabupaten Banyuwangi Drs. H. Muhammad Pua Jiwa, M.Si, dan Anggota DPR RI Komisi IX Dapil III Jawa Timur Dr. Hj. Nihayatul Wafiroh, MA.(*)

Pewarta: A Malik Ibrahim

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2017