Bojonegoro (Antara Jatim) - Dinas Pertanian Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur, membuat pembenihan dengan menanam tembakau Virginia Voor Oogst (VO) K-326 seluas 2 hektare di Desa Balongrejo, Kecamatan Sugihwaras, pada musim tanam tahun ini.

"Pembuatan pembenihan dengan memilih tembakau Virginia VO K-326 merupakan tembakau yang diminati pabrikan," kata Kepala Bidang Tanaman Semusim Dinas Pertanian Bojonegoro Imam Wahyudi, di Bojonegoro, Selasa.

Menurut dia, pembuatan benih tembakau Virginia VO K-326 itu untuk mencukupi persediaan benih pada musim tanam tahun mendatang, sebab sejumlah pabrikan rokok dalam melakukan pembelian lebih memilih tembakau Virginia VO K-326.

"Pembuatan benih tembakau ini untuk memenuhi permintaan pabrikan," ucapnya.

Lebih lanjut ia menjelaskan dalam membuat benih tembakau Virginia VO K-326 dilakukan bekerja sama dengan Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pengawasan Mutu Benih Tanaman Perkebunan Surabaya.

Secara teknis tanaman tembakau Virginia VO K-326 memperoleh langsung pengawasan dari petugas UPT Pengawasan Mutu Benih Tanaman Perkebunan Surabaya.

"Termasuk ketika panen benih juga memperoleh pengawasan termasuk untuk menyortir benih yang bisa dimanfaatkan," katanya.

Saat ini, lanjut dia,  tanaman tembakau Virginia VO K-326 seluas 2 hektare di Desa Balongrejo, Kecamatan Sugihwaras, baru berusia sekitar sebulan.

"Tidak semua benih yang dihasilkan bisa dimanfaatkan," ucapnya.

Ia memperkirakan benih tembakau yang bisa dihasilkan hanya 60 persen dari sekitar 32 ribu pohon tembakau Virginia VO K-326 yang ditanam itu.

"Proses pemilihan benih langsung di bawah pengawasan Tim Ahli UPT Pengawasan Mutu Benih Tanaman Perkebunan Surabaya," ucapnya menegaskan.

Ia mengaku tidak tahu pasti jumlah produksi benih yang dihasilkan, tetapi sesuai perhitungannya, satu pohon tembakau Virginia VO K-326 bisa menghasilkan berkisar 10-15 gram.

"Stok Virginia VO K-326 masih sekitar 19,36 kilogram. Tapi karena petani banyak yang berminat harus ada tambahan persediaan," ucapnya menegaskan.

Ia menambahkan stok benih bersertifikasi lainnya yang masih tersedia yaitu Virginia VO T-45 sebanyak 269,12 kilogram, Jawa Grompol Jatim 18,95 kilogram.

"Benih bersertifikasi yang tersedia selama ini diberikan gratis kepada petani melalui kelompok tani," ucapnya menambahkan. (*)


Pewarta: Slamet Agus Sudarmojo

Editor : Masuki M. Astro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2017