Probolinggo (Antara Jatim) - Pabrik tahu di Kota Probolinggo, Jawa Timur memanfaatkan limbah untuk biogas yang didukung oleh Dinas Lingkungan Hidup kota setempat dengan membangun instalasi biogas untuk pengolahan limbah pabrik tahu "Sumber Baru" di Kelurahan Jrebeng Kidul.

Wali Kota Probolinggo, Rukmini, Jumat, mengatakan pembangunan instalasi biogas merupakan inovasi guna mengatasi krisis energi karena kecenderungan krisis energi berbahan fosil makin meningkat, sehingga energi alternatif harus dikembangkan baik oleh pemerintah, swasta, dan masyarakat.

"Contohnya inovasi dari Dinas Lingkungan Hidup yang membangun instalasi biogas dari limbah tahu karena selama ini imbah menjadi bahan pencemar lingkungan, namun ternyata bisa dimanfaatkan untuk meningkatkan taraf ekonomi masyarakat," tuturnya.

Setelah sukses mengolah limbah pabrik tahu di Kelurahan Kedung Asem Kota Probolinggo menjadi biogas, kini Dinas Lingkungan Hidup Kota Probolinggo kembali membangun instalasi biogas untuk pengolahan limbah pabrik tahu "Sumber Baru" di Kelurahan Jrebeng Kidul, sehingga limbah tahu yang dihasilkan pabrik tahu tersebut bisa menyuplai kebutuhan gas untuk 42 rumah tangga.

Rukmini mengapresiasi pemilik Pabrik Tahu "Sumber Baru" karena telah mendukung program Pemerintah Kota Probolinggo dengan kesediaan dan mendukung penerapan instalasi biogas di lokasi usahanya. 

"Semoga kedepan Pabrik Tahu Sumber Baru semakin sukses dan bersedia dijadikan tempat belajar pemilik pabrik tahu lainnya yang ingin belajar pengolahan limbah berwawasan lingkungan," katanya.

Selain itu, Wali Kota Rukmini juga menyerahkan secara simbolis tabung gas methan hasil dari pengolahan tempat pemrosesan akhir (TPA) setempat kepada warganya dan Kota Probolinggo yang dikenal sebagai Kota Mangga itu merupakan satu-satunya daerah di Indonesia yang telah menyuling gas methan dari TPA untuk dimasukkan tabung dan didistribusikan kepada warga. 

"Saya berharap kedepan bisa lebih banyak lagi karena saat ini hanya berjumlah 18 tabung. Kita jual tabungnya kepada warga Kota Probolinggo, dan mereka bisa mengisi gas methan secara gratis di TPA," katanya.

Sementara Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Probolinggo Tutang Heru Aribowo mengatakan pembangunan instalasi biogas di pabrik tahu "Sumber Baru" merupakan tindak lanjut dari keberhasilan kegiatan serupa di pabrik tahu "Prona" di Kelurahan Kedung Asem.

"Saat ini baru 42 kepala keluarga yang menerima manfaat dari biogas itu, namun kedepan jika memungkinkan akan kami kembangkan agar bisa dimanfaatkan semakin banyak warga di sekitar pabrik tahu tersebut," tuturnya.(*)

Pewarta: Zumrotun Solichah

Editor : Chandra Hamdani Noer


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2017