Surabaya (Antara Jatim) - Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas mengingatkan pengusaha-pengusaha, khususnya anak muda, terus berinovasi terhadap pengembangan produk yang menjadi potensi lokal daerah setempat.

"Banyak sekali cara untuk mengembangkan potensi lokal, salah satunya yang utama adalah inovasi sehingga sangat diperlukan," ujarnya seperti yang tertulis dalam siaran pers yang diterima Antara di Surabaya, Minggu.

Pesan dari orang nomor satu di Pemerintah Kabupaten Banyuwangi tersebut disampaikannya pada seminar nasional yang digelar Ikatan Alumni Magister Manajemen Universitas Ciputra bertajuk "Empowering Local Potentials Through Branding" di Universitas Ciputra Surabaya, Sabtu (20/5).

Menurut dia, pengembangan potensi lokal otomatis membantu meningkatkan perekonomian setempat, seperti yang dilakukannya terhadap pengusaha-pengusaha di Banyuwangi.

"Ini membuktikan bahwa inovasi itu penting serta tidak melupakan pengembangan kemampuan sumber daya manusianya," ucap mantan anggota DPR RI tersebut.

Sementara itu, pada seminar tersebut jumlah peserta yang hadir sebanyak 200 peserta dari kalangan pelaku usaha, profesional, komunitas, dan mahasiswa S-2 dan S-1 dari berbagai Universitas di Surabaya. 

Pada kesempatan sama juga digelar pameran 20 stan menampilkan produk-produk hasil karya mahasiswa S-1 dan S-2 Universitas Ciputra.

Selain Bupati Anas, turut sebagai pembicara adalah CEO Inkara Brand Consulting Danton Sihombing, serta Founder Developer Property Indonesia Miftachul Amin.

Ketua Ikatan Alumni Magister Manajemen Universitas Ciputra Edra Brahmantya Susilo berharap seminar mampu menjawab dan mencari solusi dari tentang bagaimana menentukan strategi "branding" dalam pengembangan sebuah produk lokal agar mampu bersaing.

"Ilmu yang sangat bermanfaat dan penting sekali, terutama bagi pelaku usaha muda. Termasuk pencerahan tentang cara mempertahankan 'branding' di tengah kondisi globalisasi sekarang ini," katanya. (*)

Pewarta: Fiqih Arfani

Editor : Masuki M. Astro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2017