Pamekasan (Antara Jatim) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pamekasan, Jawa Timur, meluncurkan rumah pintar pemilu, sebagai sarana pendidikan dan sosialisasi tentang pendidikan politik bagi masyarakat di wilayah itu, Rabu.

"Rumah pintar pemilu di KPU Pamekasan ini yang ke-29 dari 38 kabupaten/kota di Jawa Timur," kata Ketua KPU Pamekasan Hamzah.

Peluncuran rumah pintar pemilu yang diberi nama "Arek Lancor" ini dihadiri Ketua KPU Jatim Eka Sasmita, para anggota dan ketua KPU dari tiga kabupaten lain di Pulau Madura, yakni Bangkalan, Sampang dan Sumenep, Forum Pimpinan Daerah (Forpimda) Pemkab Pamekasan, serta para pengurus partai politik peserta pemilu.

Rumah Pintar Pemilu ini, sambung Hamzah, menyediakan sejumlah sarana yang bisa dimanfaatkan masyarakat dalam rangka meningkatkan wawasan dan pengetahuan tentang pemilu.

Antara lain ruang diskusi, ruang perpustaan yang menyediakan tentang buku-buku dan ketentuan tentang pemilu, serta ruang audio.

"Di rumah pintar pemilu ini, semua sarana tentang pemilu lengkap dan bisa dimanfaatkan oleh masyarakat," kata Hamzah menjelaskan.

Ketua KPU Pamekasan Hamzah lebih lanjut menjelaskan, pembentukan rumah pintar pemilu ini merupakan program KPU pusat. Semua KPU di berbagai tingkat, baik di tingkat kabupaten maupun di tingkat provinsi diharuskan membuat Rumah Pintar Pemilu sebagai sarana edukasi kepada masyarakat.

"Jadi rumah pintar pemilu ini dibentuk, bukan karena Pamekasan sebentar lagi akan menggelar pilkada," ucap Hamzah.

Namun demikian, sarana rumah pintar pemilu itu nantinya diharapkan bisa dioptimalkan untuk kepentingan peningkatan wawasan masyarakat tentang pemilu dan pendidikan politik menjelang Pilkada Pamekasan dan Pilgub Jatim yang akan digelar serentak pada 2018 itu. (*)

Pewarta: Abd. Azis

Editor : Masuki M. Astro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2017