Surabaya (Antara Jatim) - Mahasiswa Program Studi Manajemen Perhotelan UK Petra semester VI membuka restoran dan hotel ala Korea yang diberi nama "Gachi" sebagai bagian dari proyek management Operasional Hotel.

"Kami beranggotakan 78 mahasiswa-mahasiswi yang akan mengelola resto dan hotel ala Korea ini," kata General Manajer Gachi Hotel and Restaurant Yosua Soeharto di kampus setempat, Kamis.

Yosua mengatakan 78 anggota ini dibagi menjadi bagian service, kitchen, pastry, front office, dan house keeping. "Untuk modal, kami mendapat Rp40 juta untuk membuka dan mengelola resto dan hotel dari universitas dan sponsor," kata mahasiswa asal Bandung itu.

Dirinya menjelaskan, nama Gachi itu sendiri berasal dari bahasa Korea yang memiliki arti worth.

“Kami ingin membawa semua orang yang datang ke tempat kami merasa bahwa apa yang mereka keluarkan sesuai dengan yang mereka dapat. Merasa nyaman, enjoy¸ dan terpuaskan sehingga saat mereka mendengar nama 'Gachi' mereka akan tersenyum karena kepuasan yang mereka dapat dari 'Gachi'," ujarnya.

Selain itu, pihaknya juga mengangkat tema "Andong Mask Festival". Andong Mask Festival ini sendiri merupakan sebuah acara tahunan dari salah satu desa yang ada di Korea yaitu Hahoe village.

"Festival ini digelar dalam rangka untuk menghormati para leluhur tersebut biasanya identik dengan suasana yang meriah, hangat, kekeluargaan, penuh keceriaan, serta rasa nyaman. Menggunakan baju yang berwarna-warni dan memakai 12 topeng," katanya.
 
Maka dari itu tak heran mulai dari logo, dekorasi hingga pernak-pernik Gachi Hotel and Restaurant mencerminkan salah satu karakter dari 12 topeng yang digunakan dalam festival Andong Mask Festival tersebut.

“Pada gate first floor, kami menggunakan dekorasi kayu dan genteng (asbes). Tak lupa topeng dan lampion Cheongsa Chorong bertengger dengan cantiknya di setiap sisi pilar dan pintu masuk. Tak lupa juga, pohon sakura dan sumur buatan ikut memeriahkan lantai Lobby Shop. Kostumnya pun kami buat sangat meriah menyesuaikan dengan tema yang kami usung," ujarnya.

Dia menjelaskan, total ada 35 menu terdiri dari 8 appetizers, 2 soups, 10 main courses, 3 desserts, dan 12 beverages yang dibuat oleh mahasiswa Program Studi Manajemen Perhotelan angkatan 2014.

Sedangkan Pastry, Gachi Hotel and Restaurant memiliki 24 jenis cake dan kurang lebih 20 jenis roti. (*) 
Video oleh: Anak Magang

Pewarta: willy irawan

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2017