Surabaya, (Antara Jatim) - Kepala Perum Bulog Divre Jatim Witono menegaskan wilayah Jawa Timur siap menerapkan penggunaan "voucher" atau kartu pangan sebagai pengganti program beras untuk rakyat miskin (raskin) dari pemerintah pusat pada Februari 2017.

"Rencananya akan diberlakukan di sembilan kota Jatim antara lain Kota Batu, Malang, Kediri, Surabaya, Probolinggo, Pasuruan dan Madiun. Dan masih berlaku di wilayah perkotaan dulu," kata Witono di Surabaya, Kamis.

Witono mengatakan pemberlakukan kartu pangan tersebut akan dilakukan dengan melibatkan agen dua bank BUMN yakni BNI 46 dan BRI yang tersebar di berbagai daerah di Jatim.
 
Ia mengaku, Bulog Jatim bersama kedua bank dan kementerian terkait telah melakukan pendataan dan cek lapangan ke berbagai daerah di Jatim.

"Sudah kami lakukan pendataan dan Februari 2017 akan langsung bisa diterapkan. Bulog Jatim, BNI dan BRI sudah siap dengan pemberian kartu dan saldo awal yang ada dalam sebesar Rp110 ribu," katanya.

Nantinya, saldo tersebut wajib dibelanjakan untuk kebutuhan pokok di beberapa rumah pangan yang disiapkan, seperti beras 10 kg, dan gula 2 kg.

"Sisa saldo nantinya akan diisi setiap bulan oleh pemerintah, dan hanya bisa untuk belanja kebutuhan pokok yang kita siapkan, seperti beras dan gula," katanya.(*)

Pewarta: A Malik Ibrahim

Editor : Chandra Hamdani Noer


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2017