Surabaya (Antara Jatim) - Tim IKIP Budi Utomo Kota Malang menjuarai turnamen sepak bola wanita Piala Bude Karwo 2016 usai di final mengalahkan tim putri Sidoarjo dengan skor 1-0 di Stadion Brawijaya Surabaya, Senin.

"Syukurlah di final tim kami berhasil menang," ujar pelatih tim IKIP Budi Utomo, Siti Sumarni, kepada wartawan ketika ditemui usai pertandingan.

Gol tunggal kemenangan tim asal "Kota Apel" itu dicetak striker Nafarina fatmawati pada menit 11 melalui tendangan kaki kirinya setelah mendapat umpan datar dari rekannya di kotak terlarang.

Menurut dia, timnya menang karena sudah mengetahui letak kelemahan lawan di lini tengah serta mampu memanfaatkan peluang untuk mencetak gol.

Jalannya pertandingan, sejak wasit meniup peluit "kick off", kedua tim tampil menyerang dan menciptakan sejumlah peluang, namun tim IKIP Budi Utomo lebih beruntung karena mampu memanfaatkan peluang.

Dengan kemenangan ini, IKIP Budi Utomo berhak menerima piala bergilir Bude Karwo dan hadiah uang pembinaan sebesar Rp12,5 juta, sedangkan tim putri Sidoarjo menerima Rp10 juta.

Di posisi ketiga, tim putri Kota Kediri mendapat hadiah Rp8,5 juta, kemudian posisi empat tim Candra Kirana Kabupaten Kediri yang menerima hadiah Rp5 juta.

Turnamen ini digelar pada 15-19 Desember 2016 yang tujuan utamanya mencari bibit pesepak bola wanita untuk Jawa Timur sekaligus pembinaan agar tetap ada.

"Ini juga sebuah kebanggaan karena dari turnamen ini banyak bibit pemain berbakat yang muncul. Bahkan ada 19 pemain hasil dari turnamen ini yang direkrut oleh Timnas Indonesia," kata Bude Karwo.

Istri Gubernur Jatim tersebut mengaku akan terus menggelar dan berkomitmen merutinkan turnamen seperti ini sebagai wujud kepedulian, terlebih tidak sedikit pemain asal Jatim yang direkrut Timnas Indonesia wanita. (*)

Pewarta: Fiqih Arfani

Editor : Tunggul Susilo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2016