Sumenep (Antara Jatim) - Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda, dan Olahraga (Disbudparpora) Kabupaten Sumenep, Jawa Timur, menargetkan objek destinasi wisata setempat pada 2017 dikunjungi sekitar 3.000 wisatawan mancanegara (wisman).

"Itu angka realistis dan kami optimistis bisa terpenuhi," ujar Kepala Disbudparpora Sumenep, Sufiyanto di Sumenep, Minggu.

Selama tiga tahun terakhir ini, jumlah kunjungan wisman ke sejumlah objek destinasi wisata di Sumenep meningkat.

Sesuai data di Disbudparpora Sumenep, pada 2014 tercatat 378 wisman yang berkunjung ke objek destinasi wisata setempat, 2015 sebanyak 417 wisman, dan tahun ini untuk sementara hingga akhir November sebanyak 1.134 wisman.

Pada 2017, pemerintah daerah akan melakukan pembenahan secara komprehensif terhadap objek destinasi wisata di Sumenep.

Pembenahan objek destinasi wisata tersebut merupakan rangkaian kegiatan untuk melaksanakan program Tahun Kunjungan Wisata Sumenep 2018.

"Selain tren positif dari tahun ke tahun, pembenahan objek destinasi wisata pada 2017 itu yang juga membuat kami optimistis target 3.000 wisman ke Sumenep akan terpenuhi," kata Sofi, sapaan Sufiyanto, menerangkan.

Ia menjelaskan, pihaknya akan mengintensifkan komunikasi dan koordinasi dengan para pemangku kepentingan lainnya untuk mengembangkan pariwisata di Sumenep, termasuk menaikkan angka kunjungan wisman.

Salah satunya dengan terus mengenalkan dan menawarkan objek destinasi wisata di Sumenep kepada pengusaha dan perwakilan biro perjalanan wisata.

Pada 2017, delapan rombongan wisman dijadwalkan mengunjungi Pantai Sembilan di Pulau Giligenting, Kecamatan Giligenting. 

Sesuai berkas yang diterima Disbudparpora Sumenep dari salah satu perwakilan biro perjalanan wisata internasional, delapan rombongan wisman itu akan mengunjungi Pantai Sembilan secara bertahap sejak Mei hingga Oktober 2017.

Pantai Sembilan memiliki cekungan pasir putih alami menyerupai atau membentuk angka sembilan (9) jika difoto dari atas (udara). 

Sumenep memiliki banyak potensi dan objek destinasi wisata, baik yang berada di wilayah kecamatan daratan maupun kepulauan.

Namun, hingga sekarang hanya tiga objek destinasi wisata yang dikelola oleh Pemkab Sumenep, yakni Pantai Lombang di Kecamatan Batang Batang, Pantai Slopeng di Dasuk, dan Keraton Sumenep di Kota. (*)

Pewarta: Slamet Hidayat

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2016