Sidoarjo (Antara Jatim) - Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan mengadakan kegiatan pasar murah dalam rangka melaksanakan tanggung jawab sosial dan lingkungan kepada masyarakat.

Kepala Kantor Wilayah BPJS Ketenagakerjaan Kantor Wilayah Jawa Timur Abdul Cholik, Kamis mengatakan, kegiatan ini dilaksanakan oleh Kantor Wilayah Jawa Timur dan Cabang Surabaya Karimunjawa, Surabaya Darmo, Surabaya Rungkut, Surabaya Tanjung Perak dan Cabang Sidoarjo 

"Kami memiliki komitmen tinggi untuk berpartisipasi dalam upaya pencapaian tujuan pembangunan berkelanjutan, melalui penyelenggaraan sistem jaminan kesejahteraan bagi generasi sekarang tanpa mengganggu kemampuan generasi yang akan datang dalam memenuhi kesejahteraannya," katanya.

Ia mengemukakan, komitmen tersebut dilaksanakan melalui penyelenggaraan Program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 99 Tahun 2013 Pasal 64 huruf b atau "Social Responsibility".

"Pada HUT ke-39 BPJS Ketenagakerjaan ini, kami mengadakan serangkaian kegiatan yaitu, Employee Volunteering, Pasar Murah dan BPJS Ketenagakerjaan SuperWeekend," katanya.

Menurutnya, BPJS Ketenagakerjaan SuperWeekend dilaksanakan di Royal Plaza, Surabaya dengan menghadirkan artis Petra Sihombing pada tanggal 10-11 Desember 2016. 

"Pada Pasar Murah ini BPJS Ketenagakerjaan menjual paket sembako bernilai Rp150 ribu yang dijual dengan diskon 50 persen atau senilai Rp75 ribu. Adapun paket sembako yang dijual terdiri dari beras 5 kilogram, minyak goreng 4 liter, gula pasir 3 kilogram, mie instan 2 bungkus dan 1 sarden kaleng. Total paket sembako yang dijual adalah 5.000 paket," katanya.

Lokasi pasar murah diselenggaranakan di delapan lokasi, kata dia, masing-masing lima lokasi pelaksanaan di Surabaya yaitu di Gedung BG Junction Bubutan, Balai Kelurahan Sememi, Gedung Kade Lor Rungkut, Kelurahan Petemon dan BPJS Ketenagakerjaan Cabang Surabaya Tanjung Perak. 

"Lokasi pelaksanaan di Sidoarjo yaitu di  Desa Plumbon Kecamatan Porong, Desa Tambak Cemandi Kecamatan Sedati dan Desa Grabagan Kecamatan Tulangan," kata dia.

Pasar Murah dimaksudkan BPJS Ketenagakerjaan untuk mendekatkan dengan peserta atau calon serta perusahaan supaya terjalin hubungan yang harmonis.

"Pada kegiatan ini, Kantor Wilayah Jawa Timur, empat Cabang se-Surabaya dan Cabang Sidoarjo juga menyampaikan Sosialisasi Program dan kemudahan iuran kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan sebagai solusi perlindungan jaminan sosial bagi seluruh pekerja di Jawa Timur," katanya.

Ia menambahkan, semua informasi dan kemudahan layanan dapat dilihat pada www.bpjsketenagakerjaan.go.id. Untuk peserta Bukan Penerima Upah (BPU) dapat mendaftar melalui wadah atau paguyuban yang sudah bekerja sama dengan BPJS Ketenagakerjaan. 

"Selain itu bisa juga mendaftar ke Service Point Office (SPO Bank), mitra atau Payment Point (aggregator) yang bekerja sama dengan BPJS Ketenagakerjaan (Bakoel, Fusindo)," katanya.(*)

Pewarta: Indra Setiawan

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2016