Surabaya (Antara Jatim) - Wakil Gubernur Jawa Timur Saifullah Yusuf memperkenalkan kopi luwak di hadapan pejabat pemerintahan Polandia di sela kunjungannya di negeri tersebut.

"Saat bertemu kami cerita tentang kopi dan pejabat di sini tertarik tentang kopi luwak yang dihasilkan dari binatang," ujarnya melalui pesan elektronik yang diterima Antara di Surabaya, Jumat.

Gus Ipul, sapaan akrabnya, mengaku tak menyangka saat pertemuannya dengan Wakil Kepala Daerah Provinsi Pomerania, Polandia, membahas hubungan bilateral dan upaya kerja sama dagang juga mengarah ke industri kopi.

"Dari pertemuan ini nanti bisa mengarah kerja sama sekaligus upaya membuat kopi Indonesia, terutama asal Jatim, dikenal di dunia internasional," ucapnya.

Pada kesempatan tersebut, orang nomor dua di Pemprov Jatim itu juga memperkenalkannya kepada Konsul Kehormatan Polandia Sudomo Mergonoto, Deputi Marshal (wakil gubernur) Wieslaw Byczkowski.

Ketua PBNU itu menjelaskan bahwa di negerinya juga ada binatang luwak yang bisa menghasilkan kopi dengan nilai harga tinggi, bahkan sampai ratusan ribu rupiah per gelasnya.

Gus Ipul bahkan mengundang secara khusus pejabat asal Polandia untuk datang membicarakan kerja sama lanjutan, termasuk minum kopi khas Jatim.

"Kalau di Surabaya nanti, saya siapkan kopi-kopi khas Jatim," katanya kepada Marshal (gubernur) Mieczyslaw Struk.

Struk sendiri, kata dia, kerap berkunjung di Indonesia dan melakukan perjalanan wisata ke Bali hingga diakuinya pernah berjemur di pantai. (*)

Pewarta: Fiqih Arfani

Editor : Masuki M. Astro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2016